Kodim 0316/Batam Gelar TMMD ke-100 di Sembulang
Oleh : Romi Chandra
Jum\'at | 08-09-2017 | 14:14 WIB
TMMD-Kodim-Batam1.gif
Pembukaan TMMD ke-100 wilayah Kodim 0316/Batam. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tentara Nasional Indonesia (TNI), selain bertugas dalam operasi militer juga memiliki kewajiban membantu tugas pemerintah di daerah. Membantu kesulitan rakyat, memberdayakan masyarakat dan meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah, sebagaimana tertuang dalam UU TNI Nomor 34 tahun 2004.

Hal itu disampaikan Komandan Kodim 0316/Batam, Letkol Inf Dwi Sasongko, dalam amanatnya saat upacara pembukaan pra TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), ke-100 tahun 2017 di lapangan bola Sembulang, Kecamatan Galang, Jumat (8/9/2017).

Dwi juga menyebutkan, program TMMD yang dilaksanakan secara rutin dua kali dalam setahun ini, merupakan program terpadu lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, lembaga pemerintah non Kementerian, dan pemerindah daerah serta segenap masyarakat.

"Salah satu tugas kita sebagai TNI juga harus membantu pemerintah daerah, membantu kesulitan masyarakat," ungkap Dwi.

Dilanjutkan, TMMD ditujukan pada pembangunan sasaran fisik, pembangunan berbagai sarana dan infrastruktur masyarakat wilayah dan non fisik. Seperti, pembangunan jalan baik pelebaran maupun pemerasan jalan, pembagunan jembatan, pembangunan drainase, rehab rumah ibadah, rehab sekolah, rehab rumah tidak layak huni (RTLH)dan pembangunan balai desa serta sarana masyarakat lainnya.

"Banyak hal yang akan dilakukan dalam TMMD, sesuai dengan programnya. Intinya, kita memiliki sasaran fisik, yang bermanfaat untuk masyarakat," lanjutnya.

Dijelaskan, untuk sasaran fisik diprioritaskan pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana yang secara langsung menyentuh kepentingan masyarakat sehingga mampu meningkatkan roda perekonomian masyrakat.

"Sedangkan sasaran non fisik, diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat untuk membangun daerahnya sendiri, serta tumbuh kesadaran untuk memberdayakan potensi daerahnya," jelas Dwi.

Dengan dilaksanakan TMMD ini, prajurit yang mengikuti harus mempedomani beberapa hal, yakni TMMD ini merupakan suatu kehormatan bagi prajurit TNI dan harus dilaksanakan secara profesional, penuh keiklasan dan rasa tanggungjawab.

Kemudian, bangun soliditas dan sinergritas yang kokoh sesama prajurit TNI, antara TNI dan Polri, aparat pemerintahan dan komponen masyarakat lainnya, guna mengoptimalkan pelaksanaan TMMD ini.

"Jadilah contoh sumber Inspirasi dan motivasi bagi masyarakat dalam membangun daerahnya menuju kemandirian. Hormati dan pahamai juga adat istiadat dan budaya setempat ,serta lakukan komunikasi yang positif dengan masyarakat setempat. Serta, manfaatkan segala dukungan secara maksimal, efektif dan efesien, agar penyelenggaraan TMMD dapat berhasil serta berdaya guna sesuai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan," pungkasnya.

Editor: Yudha