Atasi Banjir, Pemko Bangun Hilir Drainase Selebar 50 Meter di Tanjungpiayu
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 02-09-2017 | 13:26 WIB
yumasnur-12.jpg
Kepala Dinas BMSDA, Yumasnur. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMODAY.COM, Batam - Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Batam akan membangun drainase selebar 50 meter guna mengatasi banjir di Tanjungpiayu, Kecamatan Seibeduk.

Kepala Dinas BMSDA, Yumasnur mengungkap, pembuatan drainase selebar 50 meter tersebut di bagian hilir yang mengarah ke laut.

"Selama ini drainasenya kecil, kita ingin memperbesar. Ada lokasi yang diperlebar, ada yang memang harus buka baru untuk memudahkan aliran ke hilir," ujar Yumasnur di Batam Centre, Kamis (2/9/2017).

Saat ini timnya sedang memasang patok di lahan pelebaran drainase. Langkah selanjutnya adalah sosialisasi oleh pihak Kecamatan Sei Beduk.

Melalui sosialisasi akan disampaikan kepada masyarakat pemilik bangunan agar menggeser bangunannya dari jalur drainase. "Sekarang sedang diukur, banyak perumahan ilegal. Kita harap masyarakat bergeser. Tahun ini dikerjakannya," ujarnya.

Normalisasi drainase juga dilakukan dari bagian hulu, tepatnya wilayah Duriangkang. Sebelumnya Dinas BMSDA bersama Wakil Walikota Batam meninjau lokasi drainase yang dinormalisasi.

Berdasarkan hasil peninjauan ditemukan beberapa kendala seperti rumah warga yang berdiri di bantaran drainase. Keberadaan bangunan di kiri-kanan drainase ini menghambat pengerjaan normalisasi. "Dinas Bina Marga cukup kesulitan untuk mengeruk dan memasukkan alat berat," pungkasnya.

Editor: Yudha