Perluas Kerja Sama Regional dengan Indonesia, Status Konsul Singapura di Batam Ditingkatkan
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 31-08-2017 | 10:02 WIB
Sedakprov-00.gif
Sekdaprov Kepri H TS Arif Fadillah saat bersalaman dengan Menlu Singapura Vivian Balakrisnan. (Dok Humas Pemprov Kepri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Memperluas Kerja sama regional dengan Indonesia, Singapura meningkatkan Status Konsulnya di Batam dan Medan menjadi Konsul Jenderal Singapura.

Pemingkatan Konsul Jenderal Singapura di Batam dan Medan ini, ditandai dengan peresmian peningkatan Konsul Jenderal Singapura oleh Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrisnan di Sumatera Promotion Center Batam, Rabu (30/8/2017).

Sekdaprov Kepri, H TS Arif Fadillah berharap Singapura terus berinvestasi di Kepri. Beberapa rencana investasi diharapkan segera terealisasi.

"Hubungan Kepri dan Singapura semakin bagus. Kita ingin hubungan yang semakin baik ini memberi manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Arif saat menghadiri peningkatan status Konsul Singapura menjadi Konsul Jenderal itu.

Selain Batam, Konsul Singapura di Medan juga menjadi Konsul Jendral. Keduanya langsung diresmikan Menlu Singapura, Vivian Balakrisnan.

Arif menegaskan, Pemprov Kepri terus mengajar pertumbuhan ekonomi dan membuat ekonomi yang melambat kembali bergairah. Berbagai upaya terus dilakukan, termasuk mendorong banyaknya investasi yang masuk.

Tahun ini berbagai rangkaian sehubungan dengan 50 tahun hubungan Indonesia-Singapura dilakukan. Termasuk kunjungan Presiden Joko Widodo ke Singapura 6 September nanti.

Menlu Singapura, Vivian Balakrisnan mengatakan peningkatan konsulat di Medan dan Batam mencerminkan komitmen negara ini untuk memperluas kerja sama dan memperdalam hubungan dengan Indonesia di tingkat regional.

"Hubungan antara Indonesia dan Singgapura cukup stabil. Semoga terjalin selalu hubungan positif antara Singapura dan Indonesia," ujar Vivian.

Vivian juga menghadiri jamuan makan siang bersama Gubernur H Nurdin Basirun di Best Western Preimier Panbil. Tampak hadir di situ Dandim Brigjen TNI Fachri, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak dan sejumlah FKPD Kepri.

Editor: Gokli