Irmansjah Madewa Berbagi Ilmu 'Jalan Menuju General Manager' di Kampus BTP
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 02-08-2017 | 11:50 WIB
GM-00.gif
Irmansja Madewa berbagi ilmu dengan sejumlah manager perhotel di kampus BTP. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Irmansja Madewa, 6 kali menjabat sebagai general manager (GM) berkesempatan hadir sebagai narasumber dalam seminar yang digelar di Kampus Batam Tourusm Polytechnic (BTP) Jalan Gajah Mada, Komplek Tiban Ayu, Batam Rabu (02/08/2017) pukul 10.30 WIB.

Dalam workshop yang dihadiri puluhan menajer perhotelan dan restoran, ia mengaku sebelum ke Batam sudah 10 kota yang dijajaki dalam berbagi ilmu jalan menju GM. Diawali Denpasar, Makasar, Jakarta serta Palembang.

"Saya senang bisa hadir ditengah para menajer perhotelan dan restoran di Batam," kata Irmansja Madewa.

Irmansja mengaku dala perjalananya keliling kota setidaknya ada 2.500 peserta yang hadir. Dari jumlah tersebut 0,5 persen mereka tidak pernah bercita-cita berkerja di perhotelan.

"Masuk kerja di perhotelan terpaksa dari pada menganggur atau gimana! Ini menjadi pemikiran sebetulanya harus bersama-sama membangaun industri perhotelan yang baik, dan menginpirasi saya kemudian hari dalam berbagi ilmu kepada temen Indonesia," katanya.

Utama dalam menata karir pekerjaan dimanapun khususnya jalan menuju GM harus memiliki motivasi. Apa yang ia alami selama berkerja kurang lebih 40 tahun di perhotelan, pertama tidak memiliki cita-cita.

"Dulu setelah lulus SMA, saya tidak berpikiran menjadi GM, tapi sudah 40 tahun saya menjalani pekerjaan tersebut. Karena apa? Ada motivasi di dalam diri saya," katanya.

The Best GM I ever met atau menjadi menejer terbaik adalah ada 3 kunci. Pertama memiliki daya juang dalam menaikan penjualan atau pendapatan perusahan, kedua bisa dibilang sukses terkecil dalam karirnya.

"Sukses terkecil jangan sampai terlupakan karena itu yang membuat motivasi kita untuk berkembang," ujarnya.

Terahir sebagai general manager harus bisa berkomunikasi dengan baik dari atasan, staf hingga bawahanya. Karena kegagalan menjadi general manager 70 persen tidak bisa berkomunikasi dengan baik.

"Salah satu kegagalan menjadi general manager itu kita tidak bisa berkomunikasi dengan baik. Jadi saya harapkan para general manager yang hadir bisa menerapkan ini," pungkasnya.

Editor: Gokli