Antisipasi Aksi Lanjutan Taksi Pangkalan, Hang Nadim Minta Damri Tambah Armada
Oleh : Hadli
Selasa | 01-08-2017 | 19:14 WIB
Konter-Damri-di-Hang-Nadim.gif
Counter Damri di Bandara Hang Nadim Batam (Sumber foto: Warta Kepri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bandara Hang Nadim Batam tidak keberatan dengan pengajuan mogok taxi pangkalan yang berada di kawasan Hang Nadim. Langkah yang diambil, salah satunya meminta manajeman Bus Damri untuk menyediakan bus tambahan selama tiga hari.

"Kami minta bantuan tambahan armada. Selain itu kami juga meminta BP Batam bantuan bus juga. Kami ingin memberikan pelayanan optimal, saat hal seperti ini," kata General Manager Marketing Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Dendi Gustinandar, Selasa (01/08/2017).

Taxi pangkalan kawasan Hang Nadim melayangkan surat pemberitahuan lanjutan mogok kepada manajemen kawasan Bandara Hang Nadim Batam selama 3 hari terhitung sejak Rabu, 2-4 Agustus 2017.

Dendi menyesalkan adanya aksi tersebut. Menurutnya, seharusnya pihak taksi dapat menyelesaikan permasalahan tanpa harus melakukan aksi mogok. Sebab aksi mogok seperti ini, dapat merusak citra Kota Batam.

"Banyak Wisman yang datang melalui Hang Nadim. Saat mereka sampai ke sini, lihat kondisi transportasi. Pastinya mereka akan kecewa," tuturnya.

Ia berharap permasalahan ini dapat cepat selesai. Dan apa pun yang terjadi, baik pihak taksi pangkalan atau online jangan sampai mengorbankan citra Kota Batam. "Komunikasi terakhir saya lakukan, mereka masih tetap mau menjalankan aksi," ujarnya.

Surat edaran pertanggal 28 Juli 2017 itu meminta pengosongan taksi-taksi yang beroperasi di lokasi seperti Bandara Hang Nadim, Pelabuhan Domestik Sekupang, Pelabuhan Internasional Sekupang, Pelabuhan Telaga Punggur, Batamcenter, Harris Resort, Harris Hotel, Golden Gate, KTM Resort, Mega Mall, Nagoya Hill, Awal Bross, Lovina In, dan DC Mall.

Dalam surat seruan itu menyatakan, apabila masih membandelnya aksi taksi online dan tak mengindahkan peringatan dari Pemko Batam, mengajak seluruh pengelola atau koordinator taksi pangkalan seluruh Batam melakukan aksi damai, dengan mengosongkan taksi-taksi yang ada di pangkalan.

Pada aksi damai ini, para pengemudi taksi akan berkumpul di depan Kantor Pemko Batam.

Menanggapi hadirnya taksi online di Batam, sejumlah masyarakat yang diminta komentarnya mengatakan lebih memilih taksi online dibandingkan pangkalan. Dengan alasan harga yang jauh lebih murah dan terjamin.

"Saya kalau ke mana-kemana sekarang pakai taksi online aja. Bayangkan harga jauh lebih murah, dibandingkan pangkalan. Kalau naik taksi mereka (taksi pangkalan-red) buka pintu aja sudah kena bayar," kata Selvi, salah satu warga Batam Centre.

Editor: Udin