Cegah Peredaran Narkoba Melalui Bandara Hang Nadim, Polisi Bantu Pantau X-Ray
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 20-07-2017 | 13:50 WIB
Kapolda-wawancara11.gif
Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pelabuhan dan bandara di Batam kerap digunakan sebagai keluar masuknya narkotika. Namun dalam hal ini, terjadi fenomena dimana pada pelabuhan sering pelaku tertangkap dan saat di Bandara Hang Nadim justru sering lolos.

Menurut Kapolda Kepri Irjen Sam Budigusdian, pengawasan yang dilakukan di bandara tergolong lemah, sehingga banyak yang berhasil lolos, seperti penangkapan sabu di Jambi dan di Jakarta belum lama ini.

"Para pelaku ini terbang dari Batam melalui Bandara Hang Nadim. Nah ini perlu menjadi perhatian kita kenapa mereka bisa lolos," ungkap Sam, di Mapolresta Barelang, Rabu (20/6/2017) malam.

Dilanjutkan, selama ini pengawasan hanya dilakukan oleh petugas Avsec. Sementara kepolisian meskipun ada disana tapi tidak memiliki wewenang. Karena itu, kedepan ia berupaya agar kepolisian juga ikut dalam pemantauan di tempat X-ray.

"Kita akan ikut memantau di tempat X-ray, untuk membantu petugas Avsec sehingga bisa membantu menekan lolosnya sabu dari bandara. Kejadian sepeerti sudah sering terjadi dan tidak akhir-akhir ini saja. Makanya kita mengambil tindakan seperti ini," tegas Sam.

Ditambahkan, selama ini, banyak modus yang terjadi di bandara agar barang haram itu bisa lolos. Seperti melakukan loading barang pada malam hari serta barang masuk melalui porter-porter yang ada di bandara.

Namun ia juga tidak mau berprasangka buruk apakah seringnya lolos selama ini ada keterlibatan orang Indonesia. "Semuamya pasti akan mengelak sampai nantinya terbukti. Kami juga tidak mau berfikiran negatif. Yang jelas, intelijen dari Polresta Barelang dan Polda Kepri akan turun menyelidikinya," tambah Sam.

Editor: Yudha