Pemko Batam Salurkan 3.000 Paket Sembako Murah di Batuaji
Oleh : Yosri Nofriadi
Kamis | 20-07-2017 | 12:14 WIB
bantuan-sembako-pemko1.gif
Sembako murah disalurkan kepada masyarakat Batuaji. (Foto: Yosri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah kota (Pemko) Batam melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam menyalurkan 3000 paket sembako murah kepada masyarakat Batuaji. Penyaluran paket sembako murah tersebut dilaksanakan di halaman Kompleks Ruko Buana Mas Kelurahan Tembesi, Kamis (20/7/2017).

Pembagian paket sembako murah di Kecamatan Batuaji itu untuk Kelurahan Kibing, Buliang, Bukit Tempayang, dan Tanjunguncang.

Paket sembako murah yang dijual seharga Rp 50 ribu tersebut berisikan, lima kilogram beras, dua liter minyak goreng serta satu kilogram gula. Harga jual paket sembako itu jauh lebih murah dari harga normalnya mencapai Rp 102.000.

Kepala Bidang Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam Yuhermon, menuturkan paket sembako murah tersebut sudah disalurkan secara merata di seluruh Kecamatan yang ada di kota Batam. Total paket sembako yang sudah disalurkan sekota Batam sebanyak 30.730 paket dengan harga jual yang sama yakni Rp 50 ribu.

"Isi paket setiap kecamatan sama tidak ada beda," ujar Yuhermon saat meninjau pembagian sembako di Batuaji.

Penyaluran paket sembako murah yang sudah berjalan selama dua pekan terakhir ini, sudah berlangsung di kecamatan Sekupang, Batuampar, Bengkong, Seibeduk, Nongsa, Galang, Bulang dan Belakang padang.

"Kemarin di Kecamatan Sagulung, di Batuaji sekarang ini adalah pembagian sembako yang terakhir di Batam," ujar Yuhermon.

Untuk wilayah Batuaji paket sembako yang disalurkan sebanyak 300 paket. Jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan dengan Kecamatan Sagulung yang yang sebelumnya mendapatkan 4.200 paket.

Bantuan paket sembako murah itu, kata Yuhermon, merupakan program Pemko Batam untuk meringankan beban pengeluaran masyarakat Batam dengan situasi ekonomi sekarang.

"Karena situasi ekonomi juga cukup sulit saat ini. Dengan adanya sembako murah ini bisa meringankan kebutuhan rumah tangga masyarakat," ujarnya lagi.

Sementara Camat Batuaji Fridkalter mengatakan, menyambut baik dengan adanya sembako murah tersebut. Dengan adanya paket sembako murah itu, Fridkalter berharap agar masyarakat Batam kembali semangat meningkatkan taraf hidup keluarga.

"Kita akan selalu bantu, asalkan kita semua jaga keamanan dan ketertiban bersama. Kerja sesuai aturan yang ada dan yang terpenting jangan terpancing dengan berbagai isu-isu yang mengahancurkan yang merusak persaudaraan. Kalau tahu atau lihat ada yang aneh-aneh di lingkungan cepat laporkan ke kami atau aparat penegak hukum terdekat," ujar Fridkalter.

Pantauan di lapangan, penyaluran paket sembako murah tersebut disambut baik masyarakat Batuaji. Ratusan warga tampak berdesak-desakan dan rela panas- panas untuk mendapatkan paket sembako murah tersebut. Petugas dari Kecamatan terlihat cukup kewalahan untuk melayani serbuan masyarakat. Untuk melancarkan proses penyaluran paket sembako, petugas terpaksa menerapkan sitem antre.

Meri, warga Tanjunguncang, yang mendapatkan paket sembako murah mengaku sangat terbantu. Janda satu anak itu mengaku cukup kewalahan selama ini untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

"Saya kerja hanya di tempat londri, jadi memang agak susah mau memenuhi semua kebutuhan dapur saya. Makanya saya sangat beryukur dengan adanya sembako murah ini," ujarnya.

Editor: Yudha