Trans Batam Koridor IV Tanjunguncang Tidak Memiliki Halte
Oleh : Yosri Nofriadi
Selasa | 18-07-2017 | 15:38 WIB
Trans-Batam1.gif
Bus Trans Batam. (Foto: Yosri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pelayanan Bus Trans Batam Koridor IV Tanjunguncang menuju Sekupang sudah dibuka sejak 6 bulan yang lalu. Namun rute yang dilalui itu belum memiliki fasilitas memadai seperti halte bus.

Jalur yang dilalui bus Trans Batam meliputi Jalan Marina City - Jalan Ahmad Dalan - Tanjungriau tersebut belum ada halte. Operator bus menaikan dan menurunkan penumpang begitu saya dipinggir jalan tanpa memiliki lokasi pemberhentian yang jelas.

"Koridor Tanjung Uncang, Jalan Marina City menuju Sekupang hanya satu halte saja yakni dekat lapangan bola Tanjungriau. Salain itu tidak ada lagi" ujar Jasmin Sihombing, operator bus Trans Batam di koridor IV.

Padahal kata Jasmin, rute tersebut cukup panjang mulai dari Simpang Basecamp, Marina, Tanjung Riau, hingga Sei Harapan Sekupang yang begitu ramai penumpang setiap waktu.

"Karena tidak ada halte mereka naik dan turun begitu saja di pinggir jalan. Padahal pintu bus cukup tinggi. Kadang mereka susah juga naiknya. Beda kalau di halte mereka cuma melangkah aja udah naik bus," jarnya lagi.

Selain persoalan halte, kondisi jalan rusak dan banjir sepanjang jalan Marina City menjadi hambatan bagi operator untuk melayani Masyarakat. Jadwal operasi kerap molor karena kondisi jalan yang rusak parah dan banjir saat hujan.

"Yang paling parah saat hujun, di Marina City itu tidak bisa lewat. Banjir cukup tinngi, belum lagi jalannya yang rusak. Kadang kita harus mutar ke Sei Tamiang," ujarnya lagi.

Senada dikatakan Kordinator Bus Trans Batam koridor IV Tanjung Uncang, Surung Pakpahan. Koridor IV sudah berjalan enam bulan. Namun sampai saat ini pembangunan halte masih tahap persiapan oleh Dinas Perhubungan (Dishub).

"Hanya satu halte yang bisa digunakan yakni di Tanjungriau, itu pun tidak layak. Dishub baru membuat tanda bus stop. Mudah- mudahan tahun ini ada pembagunan halte," ujar Surung.

Editor: Yudha