Nilai Lebih Tinggi Tak Lolos, Orangtua Calon Siswa Geruduk SMKN 07 Batam
Oleh : Hadli
Kamis | 13-07-2017 | 16:26 WIB
Geruduk-SMK-07-Batam.gif
SMKN 07 Batam Center yang didatangi puluhan calon wali murid, Kamis (13/07/2017) mempertanyakan kebijakan yang dikeluarkan pihak sekolah (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Setelah sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negri di Batam digeruduk orangtua calon siswa, kini giliran SMKN 07 Batam di Batam Centre yang didatangi puluhan orangtua calon siswa, Kamis (13/07/2017).

Alasannya masih sama, yakni anak mereka tidak lolos seleksi masuk sistem zonasi PPDB Bina Lingkungan di sekolah tersebut. Sementara SMKN 07 Batam memilih menerima calon siswa dari luar zona.

"Nilai anak kami lebih tinggi dari anak di luar zona sekolah. Tapi mereka diluluskan, sementara anak kami tidak diterima. Ada apa ini, apa karena titipan pejabat dan dewan?" kata Yanti, salah satu orangtua calon siswa.

Bukti anak di luar zona diterima di SMKN 07, kata dia, berupa daftar anak sekolah yang diterima. Termasuk nilai yang rendah dari anak-anak tersebut. Disebutkan, siswa yang nilainya rendah merupakan warga Batubesar.

"Dengan bukti kertas pengumuman ini, makanya kami mau mempertanyakannya," tutur dia lagi yang diaminkan calon siswa lain.

Kedatatangan orangtua calon siswa ini tidak disambut hangat oleh pihak sekolah. Padahal para orangtua datang untuk menanyakan zonasi PPDB Bina lingkungan yang tak sesuai dengan aturan tersebut.

Wali murud lainnya mengatakan, anak mereka dimasukkan ke sekolah negeri, SMK 07 dikarenakan tengah dilanda krisis ekonomi. Bila suaminya masih berkerja, tentu anaknya akan dimasukkan ke sekolah swasta yang dinilai lebih berkualiatas.

Pantauan di lapangan, setelah orangtua menuntut pihak sekolah untuk memberikan penjelasan yang logika, akhirnya pihak sekolah bersedia mendengarakan aspirasi. Namun hanya 10 orang perwakilan yang diizinkan masuk berdialog bersama.

Editor: Udin