Sidak Kanpel Batam

Alat Keselamatan Sekoci di MV Miko Natalia 89 Tidak Sesuai Kapasitas Daya Angkut
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 05-07-2017 | 13:14 WIB
sekoci-tidak-layak1.gif
Kanpel cek kelayakan alat keselamatan penumpang di MV Miko Natalia 89. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Kantor Pelabuhan (Kanpel) Batam Bambang Gunawan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) alat keselamatan penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang, Rabu (5/7/2017).

Inspeksi mendadak dilakukan di dermaga B terhadap MV Miko Natalia 89 dan MV Batam Jet 2.

"Kami akan cek alat keselamatan kapal, sesuai dengan izin kapal atau tidak. Kalau tidak sesuai kami akan ganti," kata Bambang kepada agen kapal Mikonatalia 89.

Pengecekan alat keselamatan tidak hanya ketersediaan life jacket saja, tapi juga pengetesan atau percobaan terhadap sekoci yang berada di atas kapal. "Kalau tidak sesuai kapasitas dan tidak berfungsi kami akan ganti dan pinjamkan," katanya lagi.

Namun saat dilakukan pengujian ternyata sekoci yang merupakan tempat menampung penumpang saat kondisi darurat tidak sesuai perizinan, dan tidak sesuai kapasitas daya angkut.

"Kami akan ganti yang baru, karena keselamatan penumpang sangat penting. Mereka memiliki hak untuk mendapatkan jaminan keselamatan yang baik," ujarnya.

Setelah melakukan pengecekan di MV Mikonatalia 89, Bambang bersama rombongan langsung berpindah melakukan pengecekan ke MV Batam Jet 2.

Editor: Yudha