Hampir Setahun E-KTP Tak Siap, Warga Bengkong Ini Ngadu ke Disduk
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 04-07-2017 | 14:38 WIB
Kabid-Disdukcapil12.gif
Kabid Pelayanan Pendaftaran Disdukcapil Muhammad Teddy Nuh. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ternyata masih banyak masyarakat yang belum memiliki kartu tanda penduduk (KTP) elektronik, meskipun sudah melakukan perekaman di Kantor Kecamatan.

Seperti yang dialami Oci, warga Bengkong Permai, Kecamatan Bengkong. Ia mengaku telah melakukan perekaman KTP elektronik sejak bulan September 2016 lalu di kantor Camat, hingga kini tidak selesai.

"Saya sudah capek menunggu kedatangan KTP, karena sangat dibutuhkan untuk berbagai administrasi seperti mencari kerja," kata Oci.

Oci mengaku sudah berulang kali mendatangi kantor Kecamatan Bengkong, namun jawabannya selalu sama, KTP nya belum siap.

"Alasanya selalu belum siap. Padahal pemerintah sudah mendapatkan blanko KTP, makanya saya ke kantor Disdukcapail meminta kejelasan," ujarnya.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Disdukcapil Muhammad Teddy Nuh mengakui masih ada beberapa masyarakat yang belum memiliki KTP elektronik meskipun sudah melakukan perekaman pada 2016 lalu.

Hal itu kata Teddy ada beberapa kemungkinan, pertama ada kesalahan petugas camat dalam memasukan atau input data penduduk.

"Banyak faktornya bisa petugas kami yang lalai di Camat karena salah data, atau kami sudah input tapi pusat belum acc karena data ganda," katanya.

Meskipun demikian ia menghimbau kepada masyarakat yang sudah melakukan perekaman pada tahun 2016, secepatnya melapor ke Disdukcapail. Pihaknya memastikan akan membantu proses percetakan KTP masyarakat.

"Itu khusus untuk yang sudah merekam 2016 lalu, karena kami harus menyelesaikan apa yang jadi hak masyarakat," pungkasnya.

Editor: Yudha