Bright PLN Batam Telah Antisipasi Serangan Virus Ransomware Petya
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 04-07-2017 | 08:38 WIB
virus_komputer.jpg
Ilustrasii serangan virus ransomware Petya. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Mengantisipasi serangan virus ransomware Petya yang saat ini menyerang jutaan komputer setiap harinya di seluruh dunia, Bright PLN Batam telah melakukan sejumlah langkah.

Diantaranya adalah, pada saat hari pertama munculnya virus ransomware Petya, Tim IT Bright PLN Batam telah mematikan semua akses komputer selama setengah hari. Kecuali, komputer di bagian pelayanan publik.

"Kita telah matikan semua akses komputer selama setengah hari, kecuali komputer di bagian pelayanan," ungkap Humas Bright PLN Batam, Yoga Perdana Sulastama menjawab BATAMTODAY.COM, Senin (3/7/2017).

Kemudian, lanjut Yoga, setelah semua akses jaringan internet diputus, semua data juga diamankan dengan back-up. Dan langkah terpenting adalah, vendor Bright PLN Batam juga telah meng-update semua antivirus yang dapat menghalau serangan virus generasi terbaru itu.

Pada saat virus ransomware WannaCry beredar, semua data Bright PLN Batam aman dan terbebas dari serangan. Meski demikian, Tim IT sudah mengantisipasi dengan berbagai langkah agar semua data penting aman.

"Data pelanggan harus kia amankan, karena itu semua komputer tidak bisa akses ke server utama, sehingga server utama aman," tutup Yoga.

Editor: Dardani