Kaum Muda Simalungun Bertekad Beri Kontribusi dalam Pembangunan Kepri
Oleh : Roni Ginting
Senin | 03-07-2017 | 15:38 WIB
Himapsi-Kepri1.gif
Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun Kepulauan Riau. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Masa perkenalan dan musyawarah cabang Dewan Pengurus Cabang (DPC) Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun Kepulauan Riau (DPC HIMAPSI KEPRI) yang berlangsung di gedung DPD RI Perwakilan Kepri, Sabtu (1/7/2017), berjalan sukses.

HIMAPSI yang lahir pada 4 April 1978 telah membuka cabang di Kota Batam sejak 1 Oktober 2011. Organisasi ini merupakan wadah mahasiswa dan pemuda Simalungun yang ada di Kepri untuk bersilaturahmi sesama anak rantau, bersosialisasi, belajar kepemimpinan, melestarikan dan lebih mencintai budaya Simalungun sebagai bagian dari kekayaan budaya bangsa.

Kader HIMAPSI bisa memberikan buah pikiran dalam pembangunan bangsa dan negara. Ke depan HIMAPSI harus bisa terus menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga dan organisasi, baik kesukuan, agama dan pemuda serta gereja, seperti pemuda GKPS, HKBP, GKPI dan lainnya.

"HIMAPSI bukan hanya wadah untuk mahasiswa namun juga pemuda Simalungun, hal ini sering disalahartikan dalam perjalan HIMAPSI. Khususnya di Kepri ini pemuda Simalungun mayoritas pekerja maka harapan kita DPC HIMAPSI KEPRI kedepan akan diisi dari berbagai latar belakang," ujar Rahman Damanik ST, Ketua Demisioner DPC HIMAPSI Batam.

Sahman Purba, Sekretaris HMSI Kota Batam sekaligus mewakili mewakili anggota DPD RI Djasarmen Purba dan HMSI Kepri dalam sambutannya mengharapkan muda-mudi dan mahasiswa Simalungun bisa bersatu disini. Harapan kami pun setelah dilantik pengurus yang baru ini dapat direalisasikan program kerjanya, pastikan agar bisa eksis di media karena organisasi harus punya kekuatan.

"Dalam setiap kegiatan kita harus mengundang organisasi yang lain yang ada di Kepri ini," ujar Sahman.

Sementara Ketua Umum DPP HIMAPSI Andar Abdi Saragih dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga acara ini terlaksana dengan baik. Ia berharap seluruh kaum muda Simalungun yang ada di Kepri bisa terus berkontribusi dan bermitra dengan pemerintah serta membuat program yang berguna untuk anggota dan lingkungan sekitar.

"Anggota HIMAPSI bukan hanya dari suku atau marga Simalungun saja atau agama tertentu, namun dari berbagai suku dengan syarat memenuhi ketentuan AD/ART yang berlaku," ujarnya.

Dari hasil Musyawarah ini terpilih pengurus baru DPC HIMAPSI KEPRI Periode 2017 - 2020, yakni Ketua BPOC Jasarmen Purba, sekretaris Rahman Damanik, anggota Juniarman Purba, Kaban Tuah Purba, Frengki Purba dan Rusmiana Saragih.

Sedangkan Ketua DPC HIMAPSI Kepri terpilih Jufriadi Purba, Sekretaris Jarudin Sinaga, Bendahara Lusiana Ferawati Sirait.

Ketua DPC HIMAPSI Kepri yang baru berharap kerja sama yang baik sesama pengurus, untuk menciptakan kader dan generasi muda yang tangguh dan percaya diri.

Editor: Yudha