Lulus Seleksi Panda Kepri, 10 Calon Taruna Akpol Dikirim ke Semarang
Oleh : Hadli
Sabtu | 17-06-2017 | 15:26 WIB
sidang-kelulusan-akpol1.gif
Sidang kelulusan calon siswa Akpol di Polda Kepri. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polda Kepri akan mengirim 10 peserta calon siswa akademi kepolisian (Akpol) untuk mengikuti merupakan seleksi pusat di Semarang, Jawa Tengah. Calon siswa tersebut merupakan lulusan terbaik seleksi tingkat panitia daerah.

"Ke 10 calon orang siswa ini akan dikirimkan untuk mengikuti seleksi di pusat. Satu orang lain yang mengikuti seleksi juga dinyatakan lulus tapi karena nilainya terendah maka tidak dikirimkan," kata Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian usai sidang penetapan tingkat panda taruna akpol dan sidang kelulusan sementara penerimaaqn Bintara dan Tamtama 2017 di Gedung Lancang Kuning Mapolda Kepri, Sabtu (17/6/2017).

"Harapan kami semuanya lolos, kalaupun ada yang dinyatakan gugur pada seleksi pusat akan kami tawari masuk Bintara tanpa seleksi lagi," kata Sam lagi.

Selain menyatakan 10 Calon Siswa Akpol lolos seleksi panitia daerah, sebanyak 236 calon Bintara laki-laki dan 18 Bintara Wanita juga dinyatakan lulus sementara dan akan menjalani sidang kelulusan akhir pada 7 Agustus 2017.

"Kuota untuk Bintara Pria sementara 227 orang, jadi yang dinyatakan lolos hari ini termasuk cadangan. Sementara Bintara Wanita Kuota 14 orang, jadi yang lolos juga termasuk cadangan. Semua ditentukan 7 Agustus mendatang," terangnya.

Untuk Calon Tamtama, kata dia, saat ini yang dinyatakan lolos sementara adalah 17 orang sementara kuota kirim mengikuti pendidikan di Watukosek adalah 14 orang.

Khusus Tamtama, tambah Kapolda pada 1 Juli nanti sudah dikirim. untuk iotu, sebelum waktu pengiriman sudah dilakukan sidang akhir menentukan siapa saja yang dikirim. Sementara tiga cadangan masih memungkinkan masuk jika ada penambahan kuota dari puusat.

Kepala Biro SDM Polda Kepri Kombes Pol Rachmad Setiadi meminta agar para siswa yang sudah dinyatakan lolos menjaga fisik dan kesehatan agar saatnya dikirim mengikuti pendidikan dalam kondisi baik.

"Jangan sampai terjadi sesuatu yang tidak dinginkan sehingga gagal dikirim. Karena waktu kirim masih cukup lama dan kondisinya saat ini puasa dan sebentar lagi Lebaran. Jadi kesehatan dan fisik harus benar-benar dijaga," tutur dia.

Kombes Adi Suhariyono selaku pengawas dari Mabes Polri menyatakan proses seleksi di Polda Kepri sudah sesuai dengan ketentuan dan tahapan.

"Polda Kepri sudah memberikan layanan dan fasilitas senyaman-nyamannya. Seleksi sudah sesuai dengan prinsip bersih, transparan, akuntabel, humanis sehingga baik yang lulus dan lulus tapi tidak terpilih bisa menerima," kata dia.

Editor: Yudha