Buka Rakernas PGIW di Batam, Gubernur Nurdin Ingatkan Pentingnya Toleransi
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 13-06-2017 | 09:26 WIB
nurdin-rakernas-pgi-01.gif
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun saat meresmikan pembukaan Rakernas PGI di Hotel Harmoni One, Batam Center, Senin (12/6/2017). (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Persekutuan Gereja Indonesia Wilayah (PGIW) menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) di Batam. Rakernas PGIW yang berlangsung di lantai 5 Hotel Harmoni One, Batam Center, Senin (12/6/2017), diikuti perwakilan PGIW dari 28 provinsi, dibuka langsung oleh Gubernur Kepri Nurdin Basirun.

Pada kesempatan itu, Nurdin Basirun mengingatkan pentingnya toleransi antar umat beragama. "Indonesia saat ini sedang sakit. Ini masalah buat kita semua dan tanggung jawab kita bersama," kata Nurdin.

Melalui Rakernas ini, PGI sambung Nurdin, bisa menelurkan pemikiran atau ide-ide yang dapat mempererat persatuan bangsa, khusunya Kepri dan Batam. "Kita berharap muncul pemikiran yang dapat berkontribusi untuk bangsa," ujarnya.

Masih kata Nurdin, dasar negara Indonesia adalah Pancasila. Apabila ada yang ingin mengubah Pancasila, harus dilawan bersama, meski berbeda agama, budaya dan suku, karena Indonesia adalah satu dalam bingkai NKRI.

"Ini adalah bentuk keragaman kita, saya menghormati agama anda, dan juga sebaliknya. Teman-teman yang ada di sini berharap bisa memberikan kontribusi yang baik. Kita orang Kepri identik dangan keramah tamahannya. Semoga acara ini berjalan dengan baik, seperti yang diharapkan," imbuhnya.

Sementara itu, Wirya Silalahi Ketua pelaksana Rakernas mengatakan acara ini terselenggara berkat dukungan dari Pemerintah Provinsi Kepri. Peserta yang hadir ada 58 orang dari 28 Provinsi termasuk pusat.

"Selamat datang kepada semua peserta. Apabila ada kekurangan dari panitia saya minta maaf. Semoga kegiatan ini berjalan lancar sampai akhir penutupan," pungkasnya.

Editor: Gokli