Jelang Lebaran, Bandara Hang Nadim Batam Didominasi TKI Terakomodir
Oleh : Hadli
Minggu | 11-06-2017 | 11:30 WIB
nadimbatam1.jpg
Suasana di Bandara Hang Nadim Batam. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bandara Internasional Hang Nadim Batam masih didominasi penumpang TKI (Tenaga Kerja Indonsia) yang ingin mudik ke kampung halaman pada Hari Raya Idul Fitri 2017. 

"Secara umum masih sepi. Tapi penumoang kebanyakan justru saudara-saudara yang bekerja di Malaysia dan ingin merayakan Lebaran di kampung masing-masing," kata General Manager Operasional Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso, Sabtu (10/6/2017). 

Para TKI ini kembali kekampung halaman melalui Hang Nadim Batam setelah menempung perjalanan dari Malaysia menggunakan tranportasi laut berkupul secara bergerombolan, layaknya ada pihak yang mengakomodir. Rata-rata mereka berjumlah puluhan orang. 

Para TKI itu selama nginap di Batam sampi tujuan terbang melalui Hang Nadim diarahkan. Mereka berkumpul di Hang Nadim tidak diperbolehkan pisah dari rombongan. 

Tujuan akhir para TKI ptoa dan wanita ini terbang menuju daerah asal seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, serta sejumlah daerah lain yang terhubung langung dengan Hang Nadim. 

"Dalam upaya peningkatan pelayanan kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya agar semua bisa mudik dengan nyaman. Jadi meskipun masih relatif sepi, namun sudah ada tambahan petugas Avsec," kata dia.

Suwarso memperkirakan kenaikan arus mudik pada Hang Nadim Batam baru akan terjadi mulai 10 hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah.

"Perkiraan kami 15 Juni nanti akan mulai terasa pemudik dan puncaknya pada H-3 Lebaran Idul Fitri," ujarnya. 

Editor: Dardani