Hujan Deras, Perumahan Kodim di Batuaji Terendam Banjir
Oleh : Yosri Nofriadi
Kamis | 01-06-2017 | 14:02 WIB
banjir-kodim1.gif
Perumahan Kodim di Batuaji terendam banjir. (Foto: Yosri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hujan lebat yang menguyur Kota Batam pada Rabu (31/5/2017) malam hingga pagi hari ini menyebabkan banjir besar melanda Perumahan Kodim Kelurahan Buliang Kecematan Batuaji.

Drainase yang ada di depan rumah warga tidak sanggup menampung kapasitas air, sehingga meluap ke rumah warga. Puluhan rumah nyaris tenggelam akibat banjir setinggi dua meter masuk. Akses jalan lumpuh total.

Warga benar-benar dibuat cemas pada malam itu. Selain tak bisa tidur, warga juga harus berjibaku menyelematkan barang-barang yang ada di dalam rumah dari genangan banjir. "Kami tidak tidur semalam, air naik sampai setengah bangunan rumah ini," ujar Neni, salah satu warga di perumahan tersebut, Kamis (1/6/2017).

Ketua RT 01 Hangga Erikson Manurung mengatakan, banjir tersebut sudah bukan hal yang baru dialami warga di perumahan Kodim dan sekitarnya. Pasalnya setiap kali hujan rumah warga dan jalan masuk selalu digenangi air dengan ketinggian di atas dua meter.

"Setiap hujan deras perumahan kami disini selalu begini tapi yang paling parah banjir sekarang," ujarnya lagi.

Penyebab utama banjir kata Erikson, karena buruknya sistem drainase induk yang membentang dari perbatasan perumahan Bukit Sakinah dan perumahan Kodim hingga ke perbatasan antara perumahan Puri Mas dan perumahan Permata Puri. Drainase utama itu selain sudah tertutup tanaman liar encek gondok, juga sudah dipersempit dan dangkal karena tertimbun tanah dan sampah yang sudah bertahun-bertahun tak tersentuh normalisasi atau perbaikan.

"Drainase yang ada di depan rumah warga tidak sanggup menampung kapasitas air, sehingga meluap ke warga," ujarnya lagi.

Tidak itu saja maraknya bangunan perumahan yang memakan hingga ke batas drainase di Permata Hijau juga menjadi pemicu terjadinya banjir. "Gorong-gorong jembatan di batas Puri Mas dan Permata Puri terlalu sempit makanya air tambah parah sistem drainase induk ini," ujar Erikson lagi.

Sampai pukul 11.30 WIB siang ini banjir masih menggenangi sejumlah rumah warga di perumahan Kodim begitu juga dengan akses jalan menuju perumahan tersebut masih digenangi air.

Editor: Yudha