Lucurkan Dua Kapal Navigasi Kemenhub

Nurdin Basirun Siap Jadi 'Makelar' agar Kapal Negara Dibuat di Batam
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 25-05-2017 | 10:38 WIB
peluncuran-kapal-navigasi-di-Batam.gif
Peluncuran dua kapal navigasi Kemenhub di PT Citra Shipyard Batam oleh Gubernur dan Dirjen Perhubungan Laut Kementeriaan Perhubungan (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Kepri Nurdin Basirun secara resmi meluncurkan dua unit kapal navigasi Kementerian Perhubungan buatan PT Citra Shipyard di Tanjunguncang, Kota Batam, Rabu (25/5/2017).

Dalam kesempatan peluncuran kapal navigasi di kawasan PT Citra Shipyar, Tanjunguncang, Nurdin meminta pemerintah pusat memercayakan pembuatan kapal negara dari proyek APBN ke industri shipyard di Batam.

"Kami sangat berterima kasih kepada Kementerian Perhubungan yang telah memercayakan pembuatan kapal navigasi ini pada pengusaha perkapalan di Kepri. Dan kami berharap, kepercayaan pembuatan kapal negara seperti ini dapat terus berlanjut, dan proyek pembuatan kapal negara lainnya dapat dikerjakan di industri shipyard di Batam ini," ujar Nurdin.

Nurdin juga mengatakan, kapal buatan shipyard di Batam, Provinsi Kepri, kualitasnya sudah teruji dan tidak kalah dengan buatan luar negeri.

Mantan Bupati Karimun ini juga menegaskan, Pemerintah Provinsi Kepri yang dipimpinnya saat ini, sangat berkomitment memajukan industri kemaritiman di Kepri. Dan dalam kesempatan itu, Nurdin juga meminta Kementerian Perhubungan dapat membantu dan ikut serta dalam pengelolaan kepelabuhan di Kepri.

Pelabuhan, kata Nurdin, sangat berperan penting dalam kemajuan program industri maritim, khususnya di Provinsi Kepri.

"Jadi Pak Dirjen, jangan kaget nanti, saya sebagai Gubernur juga bisa menjadi 'makelar'. Saya bawa pengusaha-pengusaha lokal ini kehadapan Pak Menteri Perhubungan untuk meminta pekerjaan pembuatan kapal. Siapa yang mampu beri kepercayaan membuat kapal dari  proyek pusat," ujar Nurdin.

Nurdin juga menyebut, saat ini Kepri juga sangat membutuhkan kapal navigasi yang nanti salah satunya dari dua kapal yang dibuat itu, akan dioperasikan di Tanjunginang dalam memperkuat Kemaritiman di Kepri.

Di tempat yang sama, Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Ir Antonius Toni Budiono, menyatakan, sangat mendukung penuh keinginan Gubernur yang akan fokus dalam pembangunan kemaritiman.

Karena itulah, satu kapal navigasi H-301 KM Masalembo ini, nantinya ditempatkan di Pangkalan Navigasi Tanjungpinang," ujar Antonius.

Peningkatan aktivitas maritim tambah Dirjen, menuntut tersedianya kesiapan dalam kenavigasian. Dengan pembuatan kapal Navigasi yang dilakukan ini, diharapkan, target Kepri dalam mengembangkan industri maritim akan tercapai.

Ia juga berpesan, agar perusahaan perkapalan PT Citra Shipyard Batam, bisa mempertahankan kualitas kapal hasil buatannya, yang sudah mampu membuat kapal seperti buatan luar negeri yang berkualitas dengan teknologi yang dimiliki.

Dua unit kapal navigasi milik Direktorat Navigasi Kementerian Perhubungan Laut yang diluncurkan, didanai APBN sebesar Rp233.777.777.777 dan direncanakan akan beroperasi pada Juni 2017 ini.

Kedua kapal buatan PT Citra Shipyard ini diberi nama H-301 KM Masalembo dan H-302 KM Nipa. Kapal tersebut akan ditempatkan di Pangkalan Navigasi Distrik Tanjungpinang dan Pangkalan Navigasi Distrik Surabaya.

Editor: Udin