Ini Penyebab Lambatnya Cetak e-KTP di Kecamatan Batuaji
Oleh : Yosri Nofriadi
Selasa | 16-05-2017 | 13:02 WIB
perekaman-eKTP1.gif
Perekaman e-KTP. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam telah mendistibusikan blanko e-KTP ke masing-masing Kecamatan. Namun pembuatan fisik e-KTP masih sangat lambat akibat keterbatasan alat.

Seperti di Kecamatan Batuaji yang telah mandapat 1000 blanko e-KTP, tapi yang tercetak masih sekitar 400 keping karena alat cetak disana hanya ada satu unit.

"Sehari hanya bisa cetak 100 - 150 keping, jadi memang belum semuanya tercetak," ujar Kasi Pelayanan Umum Safrianto, Selasa (16/5/2017).

Safrianto mengakui, material e-KTP yang diterima tahap II ini lebih sedikit dibandingkan dengan tahap I. Walaupun demikian pihaknya belum bisa mencetak seluruhnya dalam waktu bersamaan. "Alat juga butuh istrihat. Kalau dipaksakan sepanjang hari cetaknya bisa rusak alat ini," ujarnya lagi.

Untuk itu Safrianto menghimbau masyarakat untuk bersabar sebab proses pencetakan fisik e-KTP juga butuh waktu. "Kalau yang sudah dicetak memang sudah bisa diambil, tapi yang belum ya bersabar dulu. Kami usahakan secepatnya selesai," ujarnya lagi.

Begitu juga untuk 10 ribu warga lain yang masih menunggu fisik e-KTP, Ia juga meminta agar bersabar, sebab pengadaan material e-KTP memang bertahap.

"Dari pusat memang bertahap. Tahap I kita mendapatkan 1.114 keping untuk tahap II ini kita dapat 1.000 keping. Untuk yang 10 ribuan ini diharapkan bersabar lagi," ujarnya.

Editor: Yudha