Cuaca Buruk, Syahbandar PDS Lakukan Buka Tutup Keberangkatan Kapal
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 15-05-2017 | 14:26 WIB
jarak-pandang-terbatas11.gif
Kondisi cuaca di Pelabuhan Domestik Sekupang pada Senin (15/5/2017). (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) terpaksa memberlakukan buka tutup keberangkatan kapal akibat hujan deras dan angin kencang yang melanda perairan Batam pada Senin (15/5/2017).

Kepala pos Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) Deny Cahyadi mengatakan, sejumlah keberangkatan kapal antar Provinsi maupun Kota terpaksa harus molor selama 45 menit sampai 1 jam. Seperti kapal Mv. Gembira 5 dengan tujuan Tanjung Batu dan Kundur serta Sb, Mega Fajar 5 tujuan Moro yang mengalami penundaan kini sudah diizinkan berlayar mengantar penumpang.

"Dua kapal tadi yang sempat 1 jam ditunda sekarang sudah berlayar. Kalau cuaca dan jarak pandang buruk terpaksa kami tunda lagi, sambil menunggu jarak pandang kembali normal," ujar Deny.

Selain itu, setelah diberangkatkan dua kapal tersebut pukul 11.30 Wib, Syahbandar kembali melakukan penundaan keberangkatan kapal SB Tenggiri 5 tujuan Moro yang seharusnya diberangkatkan pukul 11.30 Wib.

"Penundaan tersebut berlangsung selama 1 jam, SB Tenggiri 5 baru diizinkan berlayar sekitar pukul 12.30 Wib. Kembali kami tunda, karena cuaca tidak memungkinkan untuk berlayar. Tapi sekarang sudah diberangkatkan," katanya.

Ia menghimbau kepada kapten kapal tetap perhatikan kondisi cuaca selama pelayaran. Apabila diperjalanan cuaca buruk agar nakhoda kapal tidak memaksakan pelayaran dan berlindung di pulau terdekat atau kembali ke pelabuhan Sekupang.

"Nakhoda harus tetap berkoordinasi dengan Syahbandar di pelabuhan dengan selalu menginformasikan keadaan cuaca di laut," pungkasnya.

Editor: Yudha