Jarak Pandang Terbatas, Keberangkatan Kapal di PDS Ditunda
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 15-05-2017 | 12:26 WIB
jarak-pandang-terbatas1.gif
Kondisi cuaca di Pelabuhan Domestik Sekupang pada Senin (15/5/2017). (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Cuaca buruk berupa hujan deras dan angin kencang yang melanda Kota Batam pada Senin (15/5/2017) pukul 10.30 WIB membuat pelayaran dari Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) sempat tertunda.

Petugas Syahbandar menunda keberangakatan MV Gembira 5 dengan tujuan Tanjung Batu dan Kundur serta Sb Mega Fajar 5 tujuan Moro karena jarak pandang yang terbatas.

"Ada mas, sejak pukul 10.30 Wib dua kapal tidak berangkat. Cuaca buruk setelah jarak pandang terbatas," kata Kepala Pos Syahbandar PDS, Deny Cahyadi.

Ia mengatakan, pihaknya akan mengizinkan kapal berlayar setelah cuaca dianggap baik untuk melakukan pelayaran ke daerah tujuan.

"Sudah satu jam kami melakukan penundaan keberangkatan kapal. Kami akan izinkan berangkat ketika jarak pandang sudah kembali normal," ujarnya.

Penundaan keberangkatan kapal yang dilakukan Syahbandar guna memberikan kenyamanan para penumpang saat berlayar. Sehingga hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

"Kami menghindari kecelakaan laut, tunggu jarak pandang sudah kembali membaik, baru kami akan berangkatkan kapal," katanya.

Dari pantauan BATAMTODAY.COM di PDS jarak pandang sangat terbatas, bahkan pulau yang berada di sekitar pelabuhan tersebut tidak terlihat lagi akibat tertutup kabut.

Editor: Yudha