US di SDN 003 Sekupang Berjalan Lancar Tanpa Ada Keluhan
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 15-05-2017 | 10:56 WIB
un-sd-01.gif
Suasana US di SDN 003 Sekupang. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 113 siswa/siswi sekolah dasar negeri 003 di Jalan Ir Sutami, Patam Lestari, Kecamatan Sekupang menjalani Ujian Sekolah (US). Ujian hari pertama ini berjalan lancar tanpa ada keluhan dari peserta.

Mata pelajaran utama yang diujikan, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). US dihari pertama sendiri berjalan sejak pukul 08.00-10.00 Wib dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia.

"Kami ada 113 siswa/sisiwi yang mengikuti US, hari pertama mata pelajaran Bahasa Indonesia selama 2 jam," ujar Ketua Panitia US SDN 03 Sekupang, Saepudin, Senin (15/05/2017).

Dari 113 siswa dibagi menjadi 6 kelas, satu ruangan diisi oleh 20 orang. Sementara kelas yang terahir diisi sebanyak 13 siswa.

Menurut Saepudin sampai detik ini siswa belum ada kendala baik dari sisi soal maupun lembar jawaban.

US dengan UN hampir sama, hanya beda nama, soal dan lembar jawaban tetap dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sementara pengawas di setiap ruangan tetap dari sekolah lain.

"Pengawas silang, mereka dari sekolah lain sebanyak 12 orang. Mereka nantinya hanya bertugas selama 3 hari meskipun US digelar sampai Sabtu. Hanya itu perbedananya, sementara yang lain hampir sama seperti UN," katanya.

Nantinya di hari kedua mata pelajaran yang akan diujiakan Matematika dan di hari ketiga IPA. Sementara di hari keempat atau Kamis, yang diujikan pendidikan Agama dan PKN, IPS serta Seni Budaya pada Jumat dan hari terahir Muatan Lokal dan Penjasmani Kesehatana.

"Pelajaran atau US itu dari hari Kamis sampai Sabtu, jadi para siswa melakukan ujian selama 6 hari," pungkasnya.

Editor: Gokli