Blangko E-KTP Tahap II, Batuaji Dapatkan 1000 Blangko
Oleh : Yosri Nofriadi
Jum'at | 12-05-2017 | 18:03 WIB
Camat-Batuaji-400x192.gif
Camat Batuaji, Fridkalter (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam -? Warga Kecamatan Batuaji dan Sagulung yang belum memiliki E-KTP tidak perlu cemas lagi. Pasalnya, saat ini blangko E-KTP Tahap II sudah didistribusikan ke setiap kecamatan yang ada di Kota Batam. Seperti Kecamatan Batuaji yang kembali mendapatkan 1.000 blangko E-KTP.

"Dua hari yang lalu sampai, kita langsung cetak. Tahap II ini kita sudah cetak sekitar 200 berkas, semuanya akan dibagikan secara bertahap," ujar Camat Batuaji, Fridkalter, Jumat (12/5/217).

Untuk Kecamatan Batuaji sendiri, sedikitnya 11 ribu berkas E-KTP menumpuk sejak bulan September 2016. Namun pada bulan Mei 2017, tercatat masih ada sekira 9 ribu berkas yang masih mengantre untuk dicetak.

Pada tahap I, Kecamatan Batuaji mendapatkan ?1.114 blangko E-KTP yang sudah siap dicetak sesuai arahan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

"?Tahap I, semua blangko sudah habis digunakan untuk mencetak E-KTP baru, sesuai arahan dari Disduk dan sudah dibagikan," ujarnya.
?
Dalam satu hari, Kecamatan Batuaji dapat mencetak 150 E-KTP jika tidak mengalami trable (eror mesin). Oleh karena itu, untuk pemohon yang sudah jadi E-KTP nya akan dihubungi secara bertahap.

"Proses pencetakan KTP tak memakan waktu lama. Hanya saja, kemarin prosesnya tersendat karena mesin tidak bisa mencetak secara bersamaan,” kata Safrianto.

Sementara syarat mengajukan pembuatan KTP tetap sama, masyarakat datang dengan membawa Kartu Keluarga (KK) dan KTP lama guna untuk perekaman data e-KTP. “Tahun ini masyarakat cukup antusias untuk pembuatan KTP. Sehari bisa mencapai 40-60 pemohon,” ujarnya.

Sementara di Kecamatan Sagulung, blangko yang diterima pada tahap II masih dikisaran seribu lebih, jumlah tersebut dipastikan lebih banyak dari penerimaan pertama sebanyak 1.500 blangko E-KTP.

"Saya belum bisa pastikan berapa banyaknya. Nanti saya cek, karena saya lagi di luar,"? ujar Camat Sagulung, Reza Khadafi.

Editor: Udin