Harga Sembako di Batam Masih Terjangkau
Oleh : Suci Rahmadani
Selasa | 09-05-2017 | 17:14 WIB
pedagang-di-Pasar-Faniondo-400x192.gif

Salah satu pedagang di Toko Acen, Komplek Fanindo Blok H No 1-2, Batu Aji (Foto: Suci Rahmadani)

BATAMTODAY.COM, Batam - Harga sembako di Toko Acen, Komplek Fanindo Blok H No 1-2, Batu Aji, masih standar, belum ada kenaikan dan penurunan yang dirasakan oleh masyarakat menjelang Bulan Ramadan.

Salah seorang karyawan Toko Fanindo, Ratna menjelaskan, untuk saat sekarang harga beras merek Anak Ajaib sebesar Rp246.000 per karung 25 Kg, dan beras merek Murah Rezeki Ro268.000 per karung 25 Kg, yang sering dikosumsi oleh masyarakat menengah ke bawah.

"Kalau beras sih paling murahnya per Kg sebesar Rp10.500 untuk beras Anak Ajaib. sedangkan untuk gula Rp11.600 per Kg dan minyak curah Rp10.000 per Kg," katanya, Selasa (9/5/2017).

Semua harga sembako masih stabil dan belum ada kenaikan menurut pantauan Batamtoday.com. Masyarakat tingkat ekonomi menengah ke bawah, masih mampu dengan harga yang masih standar tersebut.

"Pembeli masih cukup banyak, karena harga sembako masih stabil, baik pembeli yang mengosumsi sendiri, maupun pengusaha kecil yang membuka warung di rumahnya," paparnya.

Ia mengatakan, harga sembako biasanya mengalami kenaikan pada saat Ramadan atau Idul Fitri. Apabila terjadi kenaikan, pedagang tidak bisa berbuat banyak karena mengikuti harga distributor.

"Iya gimana lagi, kalau distributor menaikkan harga, kami ya mengikut mereka," pungkasnya.

Sembako adalah kebutuhan pokok yang selalu dikosumsi oleh masyarakat dikala sembako mengalami kenaikan tinggi, maka berdampak sangat buruh untuk masyarakat miskin.

Editor: Udin