Mudik Seminggu Lebaran, KM Kelud hanya Layani Rute Batam-Belawan
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 03-05-2017 | 19:02 WIB
jadwal-rute-Pelni-belawan-medan-400x192.gif

Lebaran memang masih 2 bulan lagi, namun jadwal kapal KM Kelud pada May, Juni dan Juli 2017 sudah terpampang di Kantor Pelni Cabang Batam di Sekupang (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lebaran memang masih 2 bulan lagi, namun jadwal kapal KM Kelud pada May, Juni dan Juli 2017 atau dalam menghadapi mudik lebaran sudah terpampang di kantor PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Batam di Sekupang.

Dalam jadwal tersebut, KM Kelud masih melayani seperti hari biasa setiap Rabu dan Sabtu. Namun jadwal akan berubah terhitung sejak Selasa 13 Juni 2017 dengan tujuan Tanjungpriok, atau menjelang lebaran.

"Mulai Selasa 13 Juni, jadwal sudah berubah dan terakhir KM Kelud melayani tujuan Batam-Jakarta," ujar Kepala Pelni Cabang Batam Ending Wahyudi Rabu (03/05/2017).

Sehingga pada jadwal berikutnya, Jumat 16 Juni, KM Kelud sudah melayani Belawan setelah singgah ke Tanjungbalai Karimun, dari Batam. KM Kelud kembali merapat di dermaga Batuampar pada Senin 19 Juni, Rabu 21 Juni, dan Jumat 23 Juni atau H-2 menjelang lebaran dengan tujuan Belawan.

"Selama satu minggu sejak 16,19,21 dan 23 Juni, KM Kelud sudah melayani Belawan-Medan. Jadi nanti dalam satu minggu KM Kelud tidak menginap di pelabuhan tujuan. Setelah mengantar penumpang, langsung kembali ke Batam. Untuk tujuan Jakarta, KM Kelud tidak melayani untuk sementara ini," katanya.

Nantinya, kata Ending, selama kekosongan tujuan Jakarta, PT Pelni Pusat merencanakan kapal bantuan KM Umsini, guna melayani Tanjungpriok sebanyak satu kali keberangkatan. Namun demikian jadwal keberangakatan KM Umsini belum diketahui.

"Jadi satu minggu KM Kelud itu ke Belawan, tapi rencana ada kapal tambahan KM Umsini untuk mengisi kekosongan tujuan Jakarta," pungkasnya.

Editor: Udin