Peletakan Batu Pertama Masjid Agung Batam Meriah
Oleh : CR-14
Senin | 01-05-2017 | 07:54 WIB
peletakan-batu-pertama-pembangunan-masjid-agung-kota-batam.jpeg

Peringatan Isra Mikraj dan kegiatan peletakan batu pertama Masjid Agung Batam. (Foto: Dedy S)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pimpinan Majelis Dzikir Adz Zikra Jakarta, Ustadz Arifin Ilham, menghadiri acara peletakan batu pertama Masjid Agung Batam di Tanjunguncang, Minggu (30/4/2017) pagi.

 

Ribuan umat islam dari berbagai kecamatan hadiri acara Peletakan batu pertama Masjid Agung Batam ini, yang disejalankan dengan peringatan Isra Mikraj tingkat Kota Batam 1438 H.

Masjid Agung Batam ini didirikan dengan menggunakan anggaran Pemerintah Kota Batam. Total Rp 243 miliar digelontorkan untuk masjid yang dibangun dalam tiga tahun anggaran ini.

Lahan seluas 4,2 hektare disiapkan untuk mendirikan masjid tiga lantai berkapasitas 18.563 jemaah tersebut. Arsitektur Arab dan Turki akan dipadupadankan dengan ornamen Melayu untuk bangunan masjid.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menjelaskan tujuan pembangunan ini untuk mengakomodir kebutuhan sarana ibadah khususnya bagi pekerja pria di kawasan industri Tanjunguncang. Karena belum ada masjid berkapasitas besar di wilayah tersebut

Selain sarana ibadah, masjid ini juba diharapkan dapat mennadi objek wisata religi di Kota Batam. Oleh karena itu bangunan masjid juga akan dilengkapi fasilitas parkir yang bisa menampung ratusan, mobil, motor, dan bus.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdako Batam, Ardiwinata, pemerintah menghidangkan makan bersama dengan menu tujuh ekor sapi yang dipotong. “Rewang” dilaksanakan di Kantor Camat Batuaji sebagai tuan rumah.

Editor: Dardani