Sering Banjir, Sungai di Putri Tujuh Sagulung Dinormalisasi Bertahap
Oleh : CR-14
Jum'at | 28-04-2017 | 14:43 WIB
normalisasi-sungai1.jpg

Alat berat sedang menormalisasi sungai di Putri Tujuh Sagulung. (Foto: CR-14)

BATAMTODAY.COM, Batam - Camat Sagulung Reza Khadafy mengatakan, sungai yang menghubungkan Putri Hijau dengan Perumahan Suka Maju, Tembesi akan segera dinormalisasi. Hal ini sebagai upaya jangka pendek dan jangka panjang dalam menangani banjir yang sering menggenangi Jalan Letjen R Suparapto akhir-akhir ini.

"Untuk mengantisipasi banjir, maka sungai yang ada di Putri Hijau yang terbentang melewati belakang perumahan SP Plaza, akan dinormalisasi secara bertahap," ujar Reza, Jumat (28/4/2017)

Dijelaskan Reza, langkah yang dilakukan untuk normalisasi diantaranya dengan pembongkaran gorong-gorong yang berada di SP Plaza karena menyebabkan aliran sungai tidak bisa menampung air dalam jumlah besar dan akibatnya air mengalir ke badan jalan.

"Saat ini kita selalu berkoordinasi dengan pihak Bina Marga untuk menormalisasi sungai yang luasnya kurang lebih 10 meter dengan panjang kurang lebih satu kilometer ini. Kondisinya memang sudah menyempit," ujarnya lagi.

Ia mengatakan, proses normalisasi sungai tersebut akan mengalami sedikit terkendala. Pasalnya, alur sungai sudah tertutup sehingga membuat alat berat yang diturunkan tidak bisa bekerja maksimal.

"Alat berat untuk melakukan normalisasi tidak bisa lewat dari bibir sungai karena terhalang dengan pemukiman warga. Jadi alat beratnya harus berada di dalam sungai, nah permasalahannya fasilitas untuk tempat alat berat di atas sungai tidak ada," ungkap Reza.

Saat ini, lanjutnya, pihak Kecamatan dan Bina Marga sedang mencari solusi untuk pengadaan fasilitas tempat alat berat di atas sungai, untuk melakukan normalisasi. Sungai di Putri Hijau merupakan terusan sungai dari beberapa perumahan yang ada di Sagulung.

"Jadi kalau tidak dilakukan normalisasi, nanti perumahan di Sagulung akan semakin parah merasakan dampak banjirnya," ujar Reza.

Alat berat yang dikerahkan ke lokasi, sedikit demi sedikit melakukan normalisasi sungai. Namun karena luasnya badan sungai, alat berat hanya bisa membersihakan alur sungai dua meter.

Selama ini ruas jalan putri hijau menuju kantor Camat Sagulung selalu banjir saat hujan deras turun. Hal tersebut dikarenakan tersumbatnya alur sungai di samping Fame Hotel Sagulung. Sungai yang menghubungkan Putri Hijau dengan peruhaman Suka Majuselama ini kondisinya sudah tertutup oleh rumput.

Editor: Yudha