Jalan Longsor di Bukit Kemuning Seibeduk Akhirnya Diperbaiki
Oleh : CR-13
Senin | 24-04-2017 | 14:50 WIB
alatberat1.jpg

Alat berat beko sedang memperbaiki jalan di Seibeduk, Senin (24/4/2017). (Foto: Yos Koto)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jalan Bukit Kemuning, Kecamatan Seibeduk yang longsor pada 3 Januari 2016 tahun lalu mulai diperbaiki Pemko Batam, sejak Sabtu (22/4/2017) kemarin.

Pantauan di lapangan, satu alat berat beko bekerja meratakan bagian pinggir jalan yang terlihat mengalami retak. Proses perbaikan jalan itu nantinya akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama yang dilakukan pada tahun ini adalah, proses penimbunan lekukan tanah bekas longsor dengan tanah timbunan.

"Kita akan buat bronjong penahan longsor dulu," kata Jayadi, pengawas lapangan saat di lokasi pengerjaan perbaikan jalan, Senin, (24/4/2017).

Jayadi mengatakan, tender pengerjaan jalan ini dimenangkan oleh PT Jati Raja Kontraktor dan telah tanda tangan kontrak dengan Pemko Batam sejak Senin (3/4/2017) kemarin.

"Proyek pengerjaan ini dinamakan Proyek Pengamanan Badan Jalan Bukit Kemuning. Pengerjaan jalan ini direncanakan selama 240 hari kalender," ujarnya lagi.

Sementara Humas Pemko Batam, Ardi Winata membenarkan proyek pengerjaan jalan itu. Pengerjaan proyek jalan itu lanjut, Ardi, menelan biaya sebesar 7 miliar dengan menggunakan dana dari APBD pada tahun 2017.

"Proses pembuatan bronjong jalan sepanjang 100 meter. Selanjutnya, proses pengaspalan jalan rencananya akan dilanjutkan pada tahun 2018 dengan pengajuan anggaran yang baru. Kita berharap, jalan ini bisa dilalui kembali oleh masyarakat," ujar Ardi.

Sementara warga Sei Beduk menyambut baik proses perbaikan jalan itu. Pasalnya, sejak jalan tersebut putus, warga Kelurahan Mangsang terutama warga Bukit kemuning dan Puriagung harus memutar jalan ke Pintu III atau Pintu IV Bidaayu.

"Waktu baru-baru longsor, Kalau pagi di hari-hari kerja, simpang Pintu I sering macet. Untung sekarang jalur dua arah sudah dibangun jadi macet berkurang," ujar Rudi, warga Puriagung IV, Seibeduk.

Editor: Yudha