Sebanyak 12 Warga Binaan Lapas Barelang Ikut Ujian Paket C
Oleh : CR-14
Sabtu | 22-04-2017 | 19:38 WIB
Warga-binaan-Lapas-ujian-paket-C-400x192.gif

Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Batam, yang mengikuti Ujian Nasional (UN) Ujian Persamaan Paket C setara SMA beberapa waktu lalu (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 12 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Batam, mengikuti Ujian Nasional (UN) Ujian Persamaan Paket C setara Sekolah Menengah Atas (SMA), Sabtu (22/4/2017).

"Program ini untuk membantu warga binaan yang belum menyelesaikan pendidikan mereka. Narapidana yang berhak mengikuti ujian kesetaraan tersebut harus memiliki ijazah sebelumnya atau ijazah terakhir pendidikan," ujar Kasi pembinaan dan pendidikan (Binadik) Lapas Batam Rommy, Sabtu (22/4/2017).

Rommy menuturkan, peserta ujian pada hari ini dengan mata pelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Yang lulus akan mendapatkan ijazah resmi dan tidak ada perbedaan dengan ujian yang dilakukan di luar Lapas.

"Ini hanya karena fasilitasnya saja, kebetulan diadakan di dalam Lapas dan pesertanya adalah binaan kami. Ijazahnya sama dengan sekolah yang lainnya," ujarnya lagi.

Dalam hal ini, Lapas sebagai tempat pembinaan narapidana berusaha memberikan kesempatan kepada narapidana untuk memperoleh pendidikan yang layak sesuai amanat UUD 1945 dalam bentuk kegiatan belajar. Kegiatan ujian itu diselenggarakan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) melalui Dinas Pendidikan Kota Batam.

"Nantinya ijazah yang didapat bisa digunakan dalam mencari pekerjaan. Ini bisa juga jadi bekal mereka saat berbaur kembali dengan masyarakat," ujarnya lagi.

Rommy menuturkan, peserta ujian yang lulus akan mendapatkan ijazah resmi dan tidak ada perbedaan dengan ujian yang dilakukan di luar Lapas.

Editor: Udin