Mesin Terbatas, Hanya Bisa Cetak 100 Keping e-KTP Per Hari
Oleh : CR-14
Jum'at | 21-04-2017 | 18:02 WIB
Cetak-e-KTP-400x192.gif

Petugas di Kecamatan Sagulung sedang mencetak e-KTP (Foto: CR-14)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pihak Kecamatan di Kota Batam telah menerima pembuatan blangko e-KTP dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Masing-masing Kecamatan sudah mulai mencetak fisik e-KTP tersebut. Namun, pihak kecamatan belum bisa menyelesaikan pembuatan fisik e-KTP itu karena keterbatasan alat cetak.

Salah satunya Kecamatan Sagulung, dari total blangko e-KTP yang diterima sebanyak 1.500, sampai saat ini yang baru tercetak hanya sekitar 500 keping e-KTP.

Camat Sagulung, Reza Khadafi, mengaku masih terdapat kekurangan dalam mencetak e-KTP. Saat ini hanya ada satu mesin cetak e-KTP yang hanya menghasilkan 90 sampai 100 keping e-KTP dalam sehari.

"Kalau dipaksakan lebih, bisa-bisa alat itu rusak. Kalau alat tersebut sudah panas harus dimatikan untuk mendinginkan," ujar Reza, Jumat (21/4/2017).

Reza menambahkan, untuk proses pembuatan e-KTP terpaksa memakan waktu yang lama, sehingga diminta kepada masyarakat untuk bersabar dan memaklumi hal tersebut.

"Kalau yang sudah dicetak sudah bisa diambil, tapi yang belum harus bersabar dulu. Kami usahakan secepatnya selesai," ujar Reza lagi.

Sementara untuk warga yang mengurus kehilangan KTP, menganti status perkawinan ataupun yang sudah rekaman diharapkan bersabar. Sebab pengadaan material e-KTP bertahap.

"Karena yang 1.500 ini jatah untuk mereka yang rekamam bulan September dan Oktober 2016 lalu," ujar Reza.

Editor: Udin