Sebanyak 1.349 Peserta Calon Akpol, Bintara dan Tamtama 2017 Teken Pakta Integritas
Oleh : Hadli
Selasa | 18-04-2017 | 08:50 WIB
paktaintegritas.jpg

Para peserta calon Akpol, Bintara dan Tamtama 2017 yang menandangani Pakta Integritas. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polda Kepri melakukan penandatangan pakta integritas penerimaan Taruna Akpol, Bintara dan Tamtama Polri Tahun 2017 di Aula Sport Hall Temegung Abdul Jamal, Mukakuning, Senin (17/4/2017) pukul 09.30 WIB.

 

Penandatangan itu dipimpin Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian, panitia penerimaan anggota Polri tahun 2017 dan 1.349 peserta, para orang tua serta disaksikan Ombusman RI Perwakilan Kepulauan Riau dan dihadiri Wakapolda Kepri, Irwasda Polda Kepri, Para Pejabat Utama Polda Kepri.

Sebanyak 1.349 peserta terdiri dari calon Taruna Akpol sebanyak 59 peserta, dengan rincian pria sebanyak 58 orang dan wanita sebanyak 1 orang.

Bintara Polri jumlah peserta, 1.199 peserta denga rincian pria sebanyak 1012 orang dan wanita sebanyak 187 orang. Bintara Musik nihil dan untuk Tamtama Polri jumlah peserta, 91 peserta dengan rincian pria sebanyak 91 orang.

"Pada tahun 2017 ini, Polri kembali memberi kesempatan pendidikan pembentukan sekolah Akpol, Bintara, dan Tamtama Polri, oleh karenanya pada tahun 2017 ini merupakan kesempatan emas yang harus diraih," kata jendral bintang dua ini di hadapan seluruh oeserta dan para orang tua.

Kesempatan emas yang harus diraih yang diberikan Polri dalam menyiapkan bibit-bibit unggul penerus tongkat estafet Kepolisian di masa mendatang untuk menjadi anggota polri yang berkualitas, profesional, modern dan terpercaya.

Penerimaan Taruna Akpol, Bintara dan Tamtama polri tahun 2017 ini, tambahnya, pendaftarannya dilaksanakan secara on line maupun verifikasi sampai dengan waktu seleksi yang singkat dan pelaksanaan pendidikan pembentukan bertempat di pusat pendidikan Akpol Semarang, Jawa Tengah.

"Bintara Polki di SPN Polda Kepri Tanjung Batu, untuk Polwan di Sepolwan Jakarta, Tamtama Brimob di Watukosek Jawa Timur, dan Tamtama Polair di Tanjung Priok Jakarta," tutur Sam.

Untuk itu, Kapolda mengharapkan agar prinsip “Bersih, Obyektif, Transparan, Akuntabel dan Kualitas”, serta anti KKN, Clear and Clean dalam pelaksanaan rekrutmen ini yang telah digariskan oleh Mabes Polri agar selalu dipedomani dalam setiap tahapan seleksi.

"Guna menjamin pelaksanaan prinsip tersebut, Polda Kepri telah mengimplementasikan salah satunya telah melakukan kerjasama dengan pihak-pihak eksternal dalam rangka mengawal dan mengawasi pelaksanaan Rekrutmen di Polda kepri pada tahun 2017 ini melalui MoU dengan delapan instansi," terangnya.

Sementara itu, Karo SDM Polda Kepri Kombes Pol Rakhmad Setyadi mengatakan, ke delapan instansi tersebut diantaranya, Ombudsman RI perwakilan Provinsi Kepri, Dinas Perindag dan esdm Kota Batam, Dinas Pendidikan Kota Batam, Dinas Kependudukan dan catatan sipil Kota Batam, Universitas Batam, Ikatan Dokter Indonesia Cabang Kepri, Himpunan Psikologi Batam, LSM FKPM Kepri.

"Penandatanganan pakta Integritas ini bukanlah sekedar acara seremonial belaka, namun merupakan suatu momentum guna mengaktualisasikan harapan Polri khususnya Polda Kepri dalam mewujudkan proses rekrutmen yang Clear and Clean yang akan bermuara pada peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap Polri khususnya Polda Kepri dalam menjalankan amanah sebagai pelaksana penerimaan anggota Polri tahun 2017 di wilayah Kepri," papar Rakhmad Setyadi.

Ditambahkan oleh Kabid Humas Polda Kepri bila didapati adanya informasi terjadi Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) dalam penerimaan anggota Polri Tahun 2017 ini, agar dapat diinformasikan melalui : Pengaduan Saber Pungli Polda Kepri No Hp :082173609888 alamat email : lapor@saberpunglikepri.id dan Pengaduan Bidpropam Polda Kepri No Hp : 08111101010.

Mari bersama-sama kita wujudkan proses penerimaan anggota Polri dengan prinsip (BETAH) Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis.

Editor: Dardani