Blanko Terbatas, Kecamatan di Batam Prioritaskan yang Belum Punya E-KTP
Oleh : CR-14
Senin | 17-04-2017 | 14:45 WIB
ktpbatuaji.JPG

Seorang staf kecamatan sedang mencetak e-KTP. (Foto: CR-14)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pihak kecamatan di Kota Batam telah menerima blangko e-KTP dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), pekan lalu. Kini, masing-masing kecamatan mulai mencetak e-KTP warga yang berkasnya sudah lama menumpuk.

Kecamatan Batuaji yang menerima 1.114 blangko e-KTP, sudah mulai melakukan pencetakan sejak hari Rabu (12/4/2017) lalu. Sampai saat ini, ada 365 e-KTP yang sudah siap dicetak untuk dibagikan kepada warga.

"Hanya saja, karena jatah blangko e-KTP terbatas, sehingga pihak kecamatan memprioritaskan warga yang tidak mempunyai e-KTP sama sekali.Terhitung sejak bulan September dan Oktober tahun 2016 lalu" ujar Suprianto Kasi Pelayanan Umum Kecematan Batuaji, Senin (17/4/2017).

Suprianto juga menjelaskan, nama-nama e-KTP yang akan dicetak itu diberikan oleh Disdukcapil dan juga sudah terdaftar di situs Kementerian Dalam Negeri. Jadi pihak Kecematan tidak bisa melayani nama-nama permohonan e-KTP yang tidak ada dari daftar yang diberikan Disdukcapil.

"Kita tinggal cetak saja, karena namanya sudah ada, hanya tinggal dicocokan dengan nama yang ada di situs Kementerian Dalam Negeri," ujarnya lagi.

Sementara untuk warga yang mengurus kehilangan KTP, menganti status perkawinan atau pun yang mengurus e- KTP di atas bulan Oktober 2016 diharapkan bersabar, sebab akan ada pengadaan tahap berikutnya. Paling lambat dua atau tiga minggu kedepan KTP mungkin akan datang lagi dari pusat.

"Sekarang kita lagi kebut pencetakan, walaupun hari libur tetap kita kerjakan supaya kita bisa ajukan lagi. Paling lambat satu minggu lagi sudah siap dicetak semuanya. Karena dari semua kecamatan di Batam kita pertama yang melakukan pencetakan," ujarnya.

Editor: Dardani