Menteri Asman Ingatkan Pemda Jangan Seenaknya Mengelola Uang Negara
Oleh : Roni Ginting
Senin | 17-04-2017 | 11:50 WIB
asman-di-pinang-01.gif

Menpan dan RB Asman Abnur didampingi Gubernur Kepri Nurdin Basirun dalam acara Bakti Sosial IKKP Batam di Masjid Nurul Iman, Kijang (Foto:Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Asman Abnur menegaskan agar penggunaan uang negara tidak boleh digunakan seenaknya.

 

"Kita jangan main-main lagi dalam menjalankan tugas," kata Asman di Pemko Batam, Senin (17/4/2017).

Ia menjelaskan, dalam membuat program kegiatan, Dinas terkait meski lebih tepat. Antara kegiatan dan judul harus sesuai. Misalkan program perbaikan kesehatan, jangan hanya membuat seminar.

"Apa hubungannya antara seminar dengan sasaran itu, nggak ada," katanya lagi.

Dijelaskan, tata kelola yang selama ini selalu disebut-sebut bicaranya serapan. Sekarang mesti dirubah, tidak hanya menyerap anggaran tapi bisa bermanfaat atau sesuai dengan target visi-misi.

"Karena berdasarkan penilaian akuntabilitas masih banyak daerah yang rendah," kata Asman.

Kondisi saat ini, kata Asman, auntabilitas yang masih banyak yang C atau CC. Kalau mau Batam dijadikan model, target nilainya tahun ini jangan BB tapi menjadi A.

"Kumpulin semua Kepala Dinas, tanya tujuannya apa. Mau menikmati fasilitas saja, gagahan saja, diajudani saja, atau apa," katanya.

Menurut mantan anggota DPR RI Dapil Kepri tersebut, perubahan tidak hanya datang dari kepala daerah, tapi juga mesti datang dari penyelenggara daerahnya. Di mana ASN adalah penyelengaranya sedangkan Wali Kota mengarahkan.

"50 persen yang C dan CC itu harus berubah jadi B. Kalau sudah berjalan benar, apalagi sudah BB atau A saya jamin sudah digunakan dengan benar anggaran pemerintah itu," harap Asman.

Editor: Yudha