Presidum Jawah Kepri Terbentuk

Bupati Bintan Wakili Pemerintah Perangi Hoax
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 14-04-2017 | 16:14 WIB
Apri-Sujadi-400x192.gif

Bupati Bintan, Apri Sujadi (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Presidium Jaringan Wartawan Anti Hoax Provinsi Kepri (Jawah) telah terbentuk. 

Sesuai amanat Ketua Umum PWI Pusat, Margiono, bahwa anggota presidium terdiri dari 5 anggota yang berasal dari unsur; Ketua PWI Kepri, kepala daerah/pejabat pemerintahan, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta akademisi/intelektual/penggerak dunia informasi, maka komposisi Presidium Jawah Kepri mencoba mewujudkannya dengan sebuah tekad "Kepri bebas dari wabah hoax".

Secara umum, 5 nama Presidium Jawah Kepri dapat disebut sebagai figur-figur yang selama ini dianggap memiliki track-record baik dalam menghadapi peristiwa-peristiwa jurnalistik.

Mereka tidak hanya membangun jaringan yang positif dengan masyarakat pers di Kepulauan Riau. Tapi juga menjadi contoh di lingkungan sekitarnya untuk senantiasa kritis dan cerdas menghadapi berita-berita palsu, hoax, fake news, dst.

Merangkul nama-nama tokoh Kepri ini, meletupkan optimisme yang besar bagi masyarakat pers dalam menangkal virus hoax.

Untuk itu, Presidium Jawah Kepri mengajak seluruh komponen masyarakat, bersama-sama memerangi arus deras informasi hoax.

"Kami tak akan pernah menyerah menggugah hati masyarakat Kepri untuk hanya mempercayai berita-berita yang bisa dipertanggungjawabkan, jelas asal-usulnya, terverifikasi melalui rambu-rambu budaya dan kode etik jurnalistik, tidak memperagakan cara berkomunikasi kasar, serta mengandung lebih banyak kemaslahatan ketimbang kemudaratan," ujar salah satu Dewan Presidium Jawah Kepri, Saibansah Dardani melalui rilis yang disampaikan ke redaksi BATAMTODAY.COM, Jumat (14/4/2017).

Saibansah Dardani, Intelektual/Penggiat Dunia Informasi (Foto: dok.batamtoday.com)

Insya Allah, katanya lagi, bila tiada aral melintang, Presidium Jawah se-Indonesia akan diumumkan dan diluncurkan oleh Wapres Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Jakarta, pada tanggal 28 April 2017 mendatang, dalam rangkaian acara Silaturahmi Pers Nasional 2017.

"Demikianlah kami memperkenalkan diri secara singkat dan nantinya Presidium Jawah Kepri segera menyapa Anda lagi melalui program-program anti berita hitam. Salam takzim," terangnya.

Perangi hoax. Kedaulatan tegak. Merdeka!

Adapun Presidium Jaringan Wartawan Anti Hoax (Jawah) Provinsi Kepri, di antaranya;

- Ramon Damora (Ketua PWI Kepri)
- Apri Sujadi (Bupati Bintan)
- Soeryo Respationo (Tokoh Masyarakat, Pakar Hukum)
- Huzrin Hood (Tokoh Agama, Budayawan)
- Saibansah Dardani (Intelektual/Penggiat Dunia Informasi)

Editor: Udin