Batam Hanya Dapat 10 Ribu Blanko e-KTP
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 11-04-2017 | 10:39 WIB
ktp-01.gif

10 ribu blanko e-KTP yang dikirim Kemendagri ke Disdukcapil Batam. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) menginformasikan bahwa blanko kartu tanda penduduk (KTP) elektronik sudah berada di kantor Disduk di Sekupang.

 

Namun hanya 10 blanko e-KTP yang dikirim Kementerian Dalam Negri (Kemendagri). Jumlah ini sangat kurang dibandingkan dengan jumlah masyarakat yang telah melakukan perekam dari bulan September sampai Maret yang mencapai 77.608 jiwa.

"Hari ini sampainya, kita dapat 10 blanko. Kita masih upayakan ke Pusat untuk menambah jumlah blanko," kata Kadisduk Said Khaidar, Senin (10/04/2017)

Said menjelaskan nantinya blanko yang sudah tiba di Batam akan distribusikan ke Camat, untuk melakukan proses pencetakan. Rencananya blanko tersebut akan dicetak bagi penduduk yang melakukan perekaman pada September hingga Oktober 2016 silam.

Pasalnya dari 77.608 jiwa sekitar 48 ribu sudah masuk kategori siap cetak. Sementara sisanya masih menjadi daftar tunggu, karena data penduduk tersebut belum teridentifikasi secara tunggal di Kementerian.

"Masih banyak yang dobel data penduduknya. Jadi yang siap sekitar 48 rib harus di cetak," katanya.

Said mengakui jumlah blanko yag didapat Kota Batam masih jauh dari kebutuhan, maka Disdukcapil dan kecamatan telah memutuskan untuk memprioritaskan warga yang merekam antara 16 September hingga 16 Oktober 2016.

Camat diberikan waktu seminggu untuk melakukan proses pencetakan. Setelah itu masyarakat yang melakukan perekaman pada September hingga Oktober bisa mengambil e-KTP nya di kantor kecamatan masing-masing.

"Untuk mengecek, warga bisa melalui SMS. Ketik saja CEK#KTP#(NIK) kirim ke 08153636999. Kalau nanti akan diberikan informasi kapan bisa mengambil," pungkasnya.

Editor: Gokli