Kekurangan Komputer, Ratusan Siswa SMA 5 Batam Numpang Ujian di SMK 1
Oleh : CR-14
Senin | 10-04-2017 | 13:02 WIB
UNBK-SMA5-Batam1.jpg

Siswa SMA Negeri 5 Batam menumpang ujian di SMK 1. (Foto: CR-14)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama tingkat SMA pada Senin (10/4/2017) belum sepenuhnya digelar secara mandiri di sekolah masing-masing.

Salah satunya, SMA Negeri 5 Batam harus menggelar ujian di tempat lain lantaran tidak memiliki cukup komputer untuk menggelar UNBK, mereka terpaksa numpang ujian di SMK Negeri 1 Batam.

"Kita menumpang di SMK 1 Batam karena fasilitas komputer di sekolah SMA 5 tidak memadai dengan peserta ujian yang cukup banyak," ujar Bahtiar, Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Batam.

Bahtiar juga mengatakan, selain kekurangan komputer ditambah lagi dengan banyaknya siswa SMA 5 Negeri Batam yang harus mengikuti ujian UNBK, pihak Provinsi terpaksa mengalihkan untuk melakukan ujian di SMK 1 Negeri Batam.

"Atas rekomendasi dari Provinsi kita dialihkan untuk melakukan ujian UNBK di sekolah SMK 1 Batam. Sebanyak 444 siswa menempati tujuh ruangan laboratorium komputer. Itu pun kita masih menambah 15 laptop karena masih kurang," ujarnya lagi.

Meski ini merupakan UNBK pertama bagi pelajar SMA Negeri 5 Batam pihaknya mengaku siap dengan hasil terbaik. Pasalnya, sebelum digelar UNBK, mereka sudah dibekali dengan jam pelajaran tambahan, uji coba dan berbagai persiapan menghadapi UNBK.

"Ini UNBK pertama, tetapi mereka tidak terlihat tegang dan lebih santai, apalagi UNBK bukan penentu kelulusan," ujarnya singkat.

Bahtiar berharap, tahun depan Pemerintah mempersiapkan peralatan untuk pelaksanaan UNBK agar seluruh sekolah bisa melaksanakan ujian dengan sistem baru di sekolah masing-masing.

"Kalau tidak dibantu secara serius mempersiapkan peralatan, sekolah tidak akan mampu karena anggarannya sangat besar untuk pengadaan komputer, penyiapan jaringan listrik dan lainnya," harapnya.

Editor: Yudha