Hari Pertama UNKP di SMA 4 Batam Belum Ada Kendala
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 10-04-2017 | 12:50 WIB
Ujian-SMA4-1.jpg

Siswa SMA Negeri 4 Batam menguikuti Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP). (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - SMA Negeri 4 Batam tahun ajaran ini masih belum menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). SMA Negeri yang berlokasi di Tiban Kamping ini masih menggelar Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP).

Pantauan BATAMTODAY.COM, para siswa tampak serius dalam menghadapi soal Bahasa Indonesia, satu persatu lembar jawaban di isi para siswa dengan santai. Ada dua pengawas dari 19 ruang ujian.

"Ada 355 siswa yang ikut UNKP tahun ini, dengan dibagi menjadi 19 kelas. Satu kelas maksimal 20 siswa," ujar Dwi Sulistiyani, Kepala Sekolah SMAN 04 Batam.

Dijelaskannya, pelaksanaan UNKP tahun ini lebih lambat dari tahun lalu, siswa baru masuk ke ruangan pada pukul 10.30 WIB. Berbeda pada tahun lalu siswa sudah harus masuk ruangan UN pada pukul 07.30 WIB. Hal itu karena mata pelajaran yang diujikan hanya 4 kategori dalam 4 hari.

"Kami ikuti juknis Pos UN, sehari hanya satu mata pelajaran dari pukul 10.30 - 12.30 WIB selama 2 jam. Ada 40 soal yang harus dikerjakan siswa/sisiwi," ujarnya.

Namun demikian kata mantan kepala Sekolah SMAN 08 Bengkong tersebut, pelaksanaan UNKP hari pertama berjalan lancar tanpa kendala. Sejauh ini belum ada keluran para siswa tentang soal dan lembar jawaban yang diterima.

"Sampai detik ini lembar jawaban dan soal belum ada kendala. Siswa juga masuk semua belum ada yang sakit atau izin," pungkasnya.

Editor: Yudha