Kekurangan Komputer, UNBK di SMA 1 Batam Dibagi Tiga Sesi
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 10-04-2017 | 12:26 WIB
SMAN-1-Batam-01.gif

M. Chaidir, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Batam. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 346 siswa/siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Batam mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada Senin (10/4/2017).

UNBK di sekolah favorit dibagi tiga sesi yaitu sesi pertama pukul 07.30 WIB - 09.30 WIB, sesi kedua 10.30 WIB - 12.30 WIB dan sesi ketiga 14.00 WIB - 16.00 WIB karena alasan keterbatasan alat komputer.

UNBK tahun ini, nantinya akan diselenggarakan selama empat hari dari Senin-Kamis, berbeda dari tahun sebelumnya yang memakan waktu selama 1 minggu lebih.

"Ada 346 siswa yang ikut UNBK. Ujian tiga sesi karena komputer yang tersedia hanya 120 unit menggunakan tiga ruangan kelas," kata M Chaidir, Kepala Sekolah SMA 1 Batam.

Chaidir mengaku hingga saat ini masih belum ada kendala yang dihadapi siswa saat menghadapi ujian Bahasa Indonesia karena jaringan internet dan akiran listrik berjalan dengan lancar.

"Belum ada kendala yang dialami para siswa. Jaringan dan listrik berjalan lancar, karena kami sudah mengirim surat ke PLN agar tidak melakukan pemadaman lampu selama UNBK. Begitu juga untuk jaringan oleh Telkom," ujarnya.

Menurutnya, perbedaan UNBK dari tahun lalu hanya jumlah mata pelajaran dan hari pelaksanaannya. Untuk mata pelajaran siswa hanya menghadapi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan satu mapel pilihan sesuai jurusan.

Tahun lalu siswa harus mengikuti ujian Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, ditambah 3 mata pelajaran jurusan. Hari terahir sesuai pilihan siswa contoh jurusan IPA, mata pelajaran jurusannya ada fisika, Kimia dan Biologi. Siswa hanya memilih satu dari 3 mata pelajaran.

"Ujian Nasional ini tetap penting meskipun tidak jadi bagian kelulusan. Tapi siswa yang lanjut ke jenjang perguruan tinggi penting untuk mendaftar SPTN yang diambil dari UN," pungkasnya.

Editor: Yudha