BC Batam Segel Kapal Bermuatan Besi Scrab di Pelabuhan Sagulung
Oleh : CR-14
Selasa | 04-04-2017 | 16:14 WIB
kapal-yang-bawa-besi-scrab.gif

Bea dan Cukai (BC) Batam menyegel Kapal Motor Kartika III GT 34 di Pelabuhan Sagulung Batam karena diduga kapal tersebut membawa puluhan ton besi bekas (scrab-red) plat tanpa memiliki izin (Foto: CR-14)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bea dan Cukai (BC) Batam menyegel Kapal Motor Kartika III GT 34 di Pelabuhan Sagulung Batam. Diduga kapal tersebut membawa puluhan ton besi bekas (scrab-red) plat tanpa memiliki izin.

Informasi yang diperoleh, kapal tersebut disegel petugas Bea dan Cukai pada Minggu (2/4/2017) malam,  saat sedang membongkar puluhan ton besi scrab yang ada di dalam kapal tersebut.

"Kapal itu ditangkap Minggu malam saat melakukan pembongkaran," ujar Retno, pekerja di Pelabuhan Sagulung, Selasa (4/4/2017).

Sebelum ditangkap, kapal yang sudah bersandar di Pelabuhan Sagulung itu sudah menggakut dua truk besi crab. Warga di sekitar tidak mengetahui secara pasti dibawa ke mana besi scrab tersebut.

"Ada dua truk yang sudah dibawa. Ke mana dibawa kami tidak tahu," ujar Rommy warga lainnya.

Sementara petugas di Pelabuhan Sagulung membenarkan adanya penyegelan dari pihak Bea Cukai terhadap kapal tersebut. Namun penyegelan itu bukan karena kapal ini bermasalah, namun Bea Cukai memberikan tanda kalau muatan kapal itu sedang diawasi oleh pihak Bea Cukai.

"Segel itu sebagai tanda saja kalau muatan kapal itu diawasi Bea Cukai, bukan kapal tangkapan," ujar petugas Pelabuhan Sagulung yang tidak mau disebutkan namanya.

Sementara, Kepala Bea dan Cukai Batam, belum memberikan tanggapan mengenai tangkapan kapal pembawa besi scrab tersebut.

Editor: Udin