Minta Ongkos Tak Diberi Tiket

Warga Keluhkan Dugaan Pungli Petugas Trans Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 23-03-2017 | 12:14 WIB
trans-batam-johan.jpg

Bus Trans Batam. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ada-ada saja ulah operator Trans Batam yang membuat masyarakat bingung. Penumpang yang telah membayar ongkos tak diberi tiket oleh petugas.

Kejadian tersebut dialami Sintia Putri yang menumpang Trans Batam dari halte Kepri Mall dengan tujuan Sekupang beberapa waktu yang lalu.

"Di halte Kepri Mall itu tidak ada petugas yang menjual tiket, jadi saya naik saja bus Trans Batam yang berukuran kecil," katanya.

Dalam perjalanan, dia dimintai uang oleh petugas Trans Batam sebesar Rp4 ribu tanpa diberi tiket. Hal itu juga dialami penumpang lainnya dalam bus tersebut.

"Waktu itu saya tidak ngerti aturannya, makanya saya kasih dan diam lantaran penumpang lain juga tidak diberi tiket," ujarnya.

Namun, hal yang membuatnya kesal, setelah sampai di halte depan Pelabuhan Internasional Batamcenter semua penumpang turun dan mereka disuruh untuk membeli tiket lagi.

"Nah saat itu saya berpikir uang Rp4 ribu yang ditarik oleh kenek larinya kemana. Seharusnya dengan uang Rp4 ribu kita bisa muter kemana-mana," ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Batam Yusfa Hendri saat dikonfirmasi mengatakan bahwa perbuatan petugas Trans Batam yang meminta uang tanpa ada tiket telah menyalahi aturan.

"Mereka sudah kami gaji, catat saja. Kalau kejadian ini terulang kembali lapor call center kami di 082288286064," tegasnya.

Ia juga menegaskan, apabila kejadian tersebut terulang lagi maka akan diberikan sanksi tegas kepada petugas. "Petugas wajib memberikan tiket dan penumpang juga harus meminta tiket kepada petugas," ujarnya.

Editor: Yudha