Akhirnya, Jembatan Reklamasi di Sagulung Dibongkar
Oleh : CR-14
Selasa | 21-03-2017 | 14:51 WIB
jembatanreklamasi.jpg

Inilah jembatan proyek reklamasi yang mempersempit alur sungai di Seilangkai RW 18 Kecematan Sagulung Batam. (Foto: CR-14)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jembatan proyek reklamasi yang mempersempit alur sungai di Seilangkai RW 18 Kecematan Sagulung Batam, akhirnya dibongkar.

Pembongkaran itu dilakukan oleh pihak proyek reklamasi yang membangun jembatan tersebut. Pembongkaran dilakukan karena jembatan tersebut akan menjadi biang melubernya air sungai yang akan menyebabkan banjir pada waktu hujan lebat.

Hujan lebat yang mengguyur Kota Batam, Senin (20/3/2017) sempat membuat debit air tinggi di sungai tersebut dan diperparah lagi, sungai dipenuhi tumpukan sampah membuat aliran sungai terhambat.

Kepala Proyek Penimbunan Reklamasi, Manolok Sihombing mengatakan, pembongkaran dilakukan atas perintah Dinas Lingkungan Hidup yang turun kelokasi pada seminggu yang lalu. "Dikatakan Dinas Lingkungan kita sudah menyalahi aturan, mau tak mau terpaksa kita bongkar," ujarnya Selasa (21/3/2017).

Manolok mengaku, jembatan itu untuk melakukan aktivitas penimbunan lahan dan hanya untuk sementara sampai penimbunan lahan selasai dilakukan.

"Sebenarya jembatan itu juga akan kita bongkar. Kita membuat jembatan lantaran tidak mau melintas di perumahan warga yang nantinya akan menyebabkan dampak yang banyak," ujarnya lagi.

Di tempat terpisah Camat Sagulung Reza Khadafy mengatakan, pembongkaran tersebut memang harus dilakukan oleh pihak proyek, sebab memang menyalahi aturan dan mempersempit alur sungai. “Kan sudah dibilang, kalau mereka tidak mau bongkar, kita yang membongkar sendiri,” ujar Reza

Reza juga mengatakan, kalau jembatan itu sudah dibongkar jagan dipasang lagi karena sungai itu akan dilakukan normalisasi oleh Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) yang sudah meninjau kelokasi "Sekarang kan sudah dibongkar, tidak akan boleh banggun lagi karena izinya tidak ada," ujar Reza singkat.

Editor: Dardani