Peringatan Hari Peduli Sampah

Stop Membuang Sampah di Kawasan Pantai !!!
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 18-03-2017 | 13:08 WIB
stop-buang-sampah-ke-laut1.gif

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Peringatan hari peduli sampah nasional pada 18 Maret 2017, Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam membersihkan sampah di sejumlah kawasan pantai wisata.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dendi Purnomo dalam acara yang digelar di Tanjungriau Kecamatan Sekupang mengatakan, pembersihan pantai Sekilak, Nongsa menjadi awal memperingati hari sampah nasional tingkat Batam.

"Awal bulan Maret pembersihan pantai Sekilak, Nongsa. Selama dua hari kami mengumpulkan atau membersihkan 30 ton sampah dengan dibantu masyarakat setempat," ujar Dendi.

Dijelaskan, Indonesia termasuk Batam menargetkan pada tahun 2020 bersih dari sampah. Hal itu tentu dilakukan dilokasi yang kecil seperti pantai.

"Kami fokus di pantai, deklarasikan stop pembungan sampah. Karena pimpinan, walikota Batam berkeinginan wilayah pantai menjadi distinasi wisata yang bersih dari sampah," tegasnya.

Hal itu dilakukan dengan memberikan 500 poster yang akan tersebar di seluruh sudut kota Batam, khususnya di lokasi pantai dan warung-warung sekitarnya. Masih banyak warung atau restoran membuang sampah di pantai.

"Kedepan kami akan gerakan tim hukum. Jadi kalau ada yang masih membuang sampah sembarangan di pantai kami akan tangkap akan didenda Rp50 juta," tegasnya.

Bahkan dalam tahun depan DLH akan memberikan pompong alat angkut sampah di setiap Kecamatan guna membantu membersihkan sampah. Kecamatan yang bersinggungan dengan laut, seperti Bengkong, Nongsa dan Sekupang menjadi proitas.

"Harapannya sebagai motivator agar daerah lain seperti Tanjunguma, Nongsa bisa mencontoh apa yang sudah dimulai pemerintah," pungkasnya.

Editor: Yudha