Percaya Diri dan Mental Harus Diterapkan Sejak Dini

Sambut HUT YKB ke-37, TK Kemala Bhayangkari II Belakangpadang Gelar Aneka Perlombaan
Oleh : Romi Chandra
Senin | 13-03-2017 | 19:14 WIB
TK-Bhayangkari.gif

Ketua Pengurus YKP Cabang Barelang, sekaligus istri Kapolresta Barelang, Ny Lurie Helmy Santika, usai menghadiri perlombaan Polisi Cilik (Pocil), tausiah antar murid serta lomba mendongeng oleh para guru Taman Kanak-kanak (TK) Kemala Bhayangkari II Belakangpadang, Senin (13/3/2017).(Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menerapkan kepribadian percaya diri, disiplin dan bisa mandiri dalam menghadapi proses belajar mengajar, serta siap menghadapi tantangan di masa mendatang, harus ditanamkan sejak dini kepada anak.

Hal itu diungkapkan Ketua Pengurus YKP Cabang Barelang, sekaligus istri Kapolresta Barelang, Ny Lurie Helmy Santika, usai menghadiri perlombaan Polisi Cilik (Pocil), tausiah antar murid serta lomba mendongeng oleh para guru Taman Kanak-kanak (TK) Kemala Bhayangkari II Belakangpadang, Senin (13/3/2017).

Menurut Lurie, perlombaan terhadap anak dengan mengenakan pakaian polisi, bertujuan untuk memberikan kepribadian yang disiplin dan percaya diri. Dengan timbal balik, si anak mampu menghadapi proses belajar dan memiliki mental yang tidak gampang menyerah.

"Polisi memiliki tugas mengayomi masyarakat. Dengan mengenalkan kepada anak, tentu bisa memberikan pemahaman tentang disiplin dan membentuk mentalnya. Anak juga bisa mengingatkan orangtuanya jika melanggar aturan. Orangtua pasti akan malu jika ditegur anaknya sendiri," ungkap Lurie.

Ditambahkan, perlombaan yang juga dilakukan oleh para guru, yakni lomba mendongeng, ditujukan agar  sebagai guru bisa menjadi pendidik yang profesional.

"Guru TK harus bisa memahami yang dihadapinya sehari-hari adalah anak-anak. Mereka masih ingin bermain. Namun di samping itu, guru TK harus mampu mendidik dengan baik dan menjadi suri tauladan bagi murid-muridnya. Sebab di rumah, murid-murid pasti akan menyampaikan perkataan gurunya saat di sekolah, ketika mengingatkan orangtua di rumah," tambahnya.

Perlombaan ini sendiri lanjut Lurie, merupakan rangkaian kegiatan perayaan menyambut HUT YKB yang ke-37 tahun 2017, dan bertujuan untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa, khususnya murid murid TK Kemala Bhayangkari II Belakang Padang.

Selain dihadiri langsung oleh Ny Lurie, juga dihadiri ibu-ibu Bhayangkari lainnya, yang merupakan organisasi istri Polri cabang Polresta Barelang.

"Kami selaku para istri, tentu berupaya mendukung tugas suami kami. Salah satunya dengan kegiatan seperti ini," pungkasnya.

Editor: Udin