Polda Kepri Kirim Tiga Peserta Terbaik Lulus Seleksi SIPSS ke Mabes Polri
Oleh : Hadli
Jum'at | 10-03-2017 | 15:02 WIB
lulusanterbaik.jpg

Kapolda Kepri Irjen Sam Budigusdian menyalami tiga lulus terbaik seleksi SIPSS ke Mabes Polri. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tiga dari 117 peserta yang mendaftar Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) dinyatakan lulus seleksi tingkat dearah Polda Kepri.

 

Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian mengatakan, ujian ini disaksikan seluruh pihak untuk menjaga netralitas dan transfaransi sehingga yang terpilih memang betul yang layak dan berprestasi.

"Bisa kita lihat bersama hari ini, hasilnya yang lulus tes bukan anak pejabat atau yang punya uang. Itu artinya kini Polri betul-betul transfaran, obyektif dan akuntabel dalam seleksi," kata Sam usai memimpin sidang terbuka penetapan kelulusan TK. Panda Penerimaan SIPSS TA. 2017 di Gedung Serbaguna Polda Kepri, Jumat (10/3/2017).

Selama proses penerimaan hingga seleksi dan penetapan kelulusan tingkat daerah, kata Kapolda, panitia penerimaan SIPSS diawasi Ombusmas Kepri, LSM serta instansi lain termasuk dari Provost Polda Kepri.

"Inilah hasilnya berdasarkan kriteria panitia pusat. Transparansi yang terbentuk melahirkan peserta yang terbaik anak dari orang tak mampu. Ada orang tuanya sedang sakit, anak penjual nasi di kaki lima dan anak seorang sopir, bukan dari anak dokter dan lainnya," terangnya.

Kapolda mengatakan, masyarakat yang berminat cukup tinggi untuk bergabung bersama Polri. Dari 117 peserta tersisa sebanyak 83 orang.

"Dari 83, yang masukkan dokumen lengkap ada sebanyak 23 peserta dan pada saat mengikuti berbagai tes tersisa tiga peserta terbaik berdasarkan kriteria panitia pusat," terangnya.

Karo SDM Kombes Pol Rachmad menambahkan, tiga orang peserta yang lulus dari Polda Kepri akan kembali mengikuti tes seleksi bersama dari seluruh Polda selama 12 hari di Mabes Polri.

"Jadi perjuangan ketiga peserta masih pajang. Mudah-mudahan ketiga peserta dari Polda Kepri ini dapat menyelesaikan dengan baik di tingkat Mabes Polri," ungkapnya.

Pada tahun sebelumnya, Polda meluluskan dua orang pada ujian SIPPS dan akan mendapat pangkat perwira inspektur dua (Ipda). Untuk tahun 2017 ini kita kirim berdasarkan kuota dari Mabes Polri.

"Mereka ini kalau lulus nantinya setingkat kelulusan dari Akademi Polisi (Akpol), cuma bedanya kalau dari Akpol lebih ke penempatan pimpinan strategi, kalau dari SIPPS, lebih ke bagian ahli," terang Rachmad.

Ombudsman Kepri, Yusron Roni mengapresiasi seleksi yang dilakukan panitia daerah dari Polda Kepri secara transparan. "Selama seleksi yang kami pantau sudah berjalan sesuai harapan dan sudah sesuai ketentuan yang terpilih itulah yang terbaik," tuturnya.

Ketiga peserta yang terpilih terbit adalah Eriks R Nainggolan dengan nomor peserta 1000/P/0019 anak dari Lestina Pandiangan. Febby Nurwingga dengan nomor peserta 1000/P/0008 anak dari Aji Santoso dan Wahyu Ihkwantino dengan nomor peserta 1000/P/10 anak dari Adi penjual nasi di kaki lima kawasan Piayu.

Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian didampingi Karo SDM Polda Kepri, Ombudsman Kepri dalam sidang terbuka penetapan kelulusan TK. Panda Penerimaan SIPSS TA. 2017 di Gedung Serbaguna Polda Kepri dan mengucapkan selamat kepada ketiga peserta, Jumat (10/04/2017).

Editor: Dardani