Jong Race 2017 Kampung Melayu Dimeriahkan 1.800 Peserta
Oleh : Hadli
Jum'at | 03-03-2017 | 19:38 WIB
Lomba-Sampan-Jong.gif

Peserta Jong Race 2017 membawa prahunya ke tengah untuk dijalankan (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 1800 peserta dari kota dan kabupaten di Kepri serta Provinsi Riau, turut serta meramaikan Festival Jong Race 2017 yang digelar Pemko Batam di Pantai Melayu, Kelurahan Batubesar, Kecamatan Nongsa, Jumat (02/03/2017).

"Peningkatan jumlah peserta yang mengikuti agenda Festival Jong Race tahun 2017 mengalami kenaikan 100 persen. Pada tahun 2016 lalu jumlah peserta hanya 800 orang, tahun ini 1800 peserta," kata Ketua Panitia, Syamsul Bahri, di lokasi, Selasa siang.

Dikatakannya, terdapat tiga kategory dalam permainan tradisional Melayu ini. Di antaranya lomba Jong Race kecil, sedang dan Jong besar. Dalam pelaksanaannya akan dilakukan tiga hari berturut-turut.

"Peserta berasal dari Kabupaten Karimun, Bintan, Kota Tanjungpinang dan Batam serta dari Provinsi Riau. Ada juga dari Bengkalis dan sebagainya. Kegiatan ini akan diselenggarakan sampai Minggu (4/03/3017), namun kalau ada halangan akan dilaksanakan sampai Senin," ujarnya.

Festival Jong Race, setiap tahun digelar warga Batubesar di Pantai Kampung Melayu. Dua tahun terakhir kegiatan ini diambil alih Pemerintah Kota Batam, guna meningkatkan kunjungan wisatawan lokal dan asing.

"Kegiatan ini merupakan agenda rutin warga Batubesar. Sudah 15 tahun dilaksanakan, tapi dua tahun terakhir menjadi perhatian Pemerintah Kota. Pelaksanaanya tetap dilakukan warga, namun untuk anggaran melalui APBD," kata Syamsul kembali.

Pada tahun 2017 ini, Jong Race menggunakan anggaran dari Dinas Pemuda dan Olah Raga Pemko Batam. 1800 peserta yang mengikuti agenda ini memperebutkan piala bergilir, uang pembinaan serta piala tetap.

"Selain melestarikan permainan tradisional Melayu dan mempererat silaturahmi, diharapkan Jong Race ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan asing," kata dia kembali.

Perlu diketahui, Jong merupakan sampan berukuran kecil yang mirip dengan perahu. Ukurannya bervariasi, mulai dari panjang satu meter hingga 1,5 meter. Jong dapat berjalan, karena terdapat layar di atasnya.
Jong dimainkan menggunakan kekuatan angin. Sehingga pertandingan ini paling cocok dimainkan pada musim angin utara.

Festival Jong 2017 tersebut dibuka langsung Wakil Walikota Batam, Amsakar Ahmad, yang dihadiri mantan Walikota Batam, Nyat Kadir, yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPR RI.

Editor: Udin