Atasi Kemacetan Jam Sibuk

Traffic Lights di Batam Banyak Tak Berfungsi, Polisi Buat Pengalihan Arus Lalulintas
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 24-01-2017 | 13:50 WIB
simpang01.gif

Traffic lights di Perempatan Polsek Batuaji padam. (Foto: Berton Siregar)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lampu merah yang ada di kawasan persimpangan di Batam, beberapa hari terakhir mulai terganggu, yang diduga akibat listrik padam. Hal itu juga kerap menimbulkan kemacetan dan pengendara melaju tidak beraturan.

Untuk mengatasinya, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Barelang, melakukan sistem pengalihan arus dibeberapa titik persimpangan yang rawan timbul kemacetan.

"Kita buat pengalihan arus. Tujuannya agar kendaraan terus melaju, sehingga bisa mengurangi kemacetan tersebut," ungkap Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol Andar Sibarani, melalui sambungan telepon, Selasa (25/1/2017) siang.

Pola yang diterapkan lanjutnya, pengalihan tersebut dilakukan pada titik jalan yang terjadi penumpukan. Misalnya, terjadi penumpukan di Simpang Jam dari arah Kepri Mall. Agar kendaraan terus melaju, pengendara yang seharusnya belok ke arah Simpang Gelael, dialihkan harus lurus ke arah Simpang Indosat.

"Polanya seperti melewati bundaran. Pengendara harus berputar. Jika tidak dilakukan pengalihan, penumpukan kendaraan akan semakin panjang," jelasnya.

Ditambahkan, ada beberapa titik persimpangan yang harus dilakukan pengalihan arus, seperti, Simpang Jam, Simpang Indosat, Simpang Frengki, Kepri Mall, Tembesi, dan beberapa simpang lainnya.

"Untuk pengalihan itu, juga akan ditempatkan petugas untuk melakukan pengaturan," pungkasnya.

Editor: Yudha