Batam Diguyur Hujan, Rumah Warga di Piayu Banjir Lumpur
Oleh : Berton Siregar
Senin | 23-01-2017 | 15:02 WIB
banjirlumpur.jpg

Inilah sebagian rumah di Piayu yang diterjang banjir lumpur. (Foto: Berton Siregar)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hujan yang mengguyur Kota Batam sejak tengah malam hingga siang tadi, Senin (23/1/2017), membuat sejumlah rumah di Kavling Mansang, Kecamatan Sei Beduk, Tanjung Piayu, kebanjiran lumpur dan batu batuan gunung.

 

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun sejumlah peralatan elektronik dan alat alat dapur serta pakaian milik penduduk rusak, dan tidak bisa dipergunakan lagi.

Ida, salah seorang korban yang mengalami banjir lumpur paling parah yang tinggal di Blok B12 Kavling Mansang Permai, Kecamatan Sei Beduk menceritakan, mereka tidak menduga musibah ini menimpa keluarganya, yang Saat itu tertidur lelah.

"Hujan mulai datang jam 24.00 malam, dan sekitar jam 03 pagi, air lumpur bercampur batu batu masuk rumah, kami smua pas tidur, besarnya air tidak bisa kami bendung dan akibatnya tv, laptop, hp, baju, spring bad, kena air dan rusak," ujarnya.

Menurutnya, ini kali kedua terjadinya banjir lumpur dengan membawa batu batu gunung, dan kali ini jauh lebih parah, sebab pekerjaan pemotongan lahan yang persis di depan rumahnya belum rampung ditambah batu miring yang seharusnya di buat untuk menahan tirisan air belum di kerjakan pihak pengelola.

"Banjir ini disebabkan pemotongan bukit itu, yang katanya mau dipergunakan untuk kapling siap bangun, tapi tolonglah parit dan batu miring di buat segera, supaya air tidak meluber ke jalan, dan masuk rumah kami," tambahnya.

Pantauan BATAMTODAY.COM di lokasi, Ida beserta keluarga nya nampak sibuk menyapu sejumlah batu batuan dari rumah bercat kuning tersebut, dan sebagian lagi anggota keluarga lainnya menimba lumpur dari dalam rumah.

Tidak berbeda jauh dengan rumah Ida, tiga rumah lainnya bernasib sama, namun tidak separah rumah Ida.

Editor: Dardani