Penyelidikan Disdik Batam Terkait Buku LKS Tak Jelas
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 23-01-2017 | 10:38 WIB
muslim01.jpg

Kepala Dinas Pendidikan Batam, Muslim Bidin.(Foto: Dok BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Penyelidikan yang dilakukan Dinas Pendidikan (Disdik) Batam terkait persoalan buku LKS tak jelas. Bahkan, sampai sekarang Disdik belum mengetahui siapa dalang dibalik persoalan itu.

 

Kepala Dinas Pendidikan Batam, Muslim Bidin mengatakan sudah memanggil lima Kepala Sekolah untuk dimintai keterangan. Hasilnya, kelima Kepala Sekolah itu mengaku tak terlibat dalam penjualan buku LKS.

"Sekarang kita liat hasil investigasi dari penerbit dan penyalur," ujar Muslim Bidin, Senin (23/01/2016).

Muslim Bidin juga mengakui belum ada Kepala Sekolah yang diberikan sanksi terkait persoalan buku LKS. Ia berdalih untuk menjatuhkan sanksi harus melalui prosedur yang jelas agar tidak ada kecemburuan.

"Kita tidak mau mengorbankan kepala sekolah. Orang lain berbuat jangan sampai Kepala Sekolah yang jadi tumbalnya," katanya.

Terkait surat edaran Wali Kota tentang buku LKS, kata Muslim, masih dikaji di bagian hukum dan belum turun ke Dinas Pendidikan maupun ke sekolah-sekolah. Tetapi, kata Muslim, dalam surat edaran itu akan ada poin-poin bahwa buku LKS bukan menjadi satu-satunya tolak ukur pembelajaran anak murid, serta pemberlakuan sanksi.

"Karena kita mengacu pada fakta dan integritas yang ditandatangani Kepala Sekolah. Fakta integritas harus di patuhi. Jangan sampai kejadian ini terulang kembali," ungkapnya.

Editor: Gokli