Vihara Maitri Sagara Tiban III Ajak Umat Buddha Sembayang Leluhur
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 20-01-2017 | 09:14 WIB
vihara01.gif

Vihara Maitri Sagara di Tiban III, Kecamatan Sekupang, Kota Batam. (Foto: Irwan Hirzal, Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Vihara Maitri Sagara mengajak umat Budha di Batam untuk berpartisipasi dalam ritual puja doa kesejahteraan dan sembahyang leluhur menyambut tahun baru Imlek. Sembayang leluhur itu digelar dalam Vihara yang beralamat di Tiban III, Sekupang.

Ketua Yayasan Vihara Maitiri Sagara, Hasan mengatakan, Imlek kali ini dikemas dalam bentuk persembahan baik berupa pelita, air, obat-obatan, makanan dan Dhammadesana.

"Kami juga ada doa dan pelimpahan jasa untuk leluhur yang telah meninggal," kata Hasan, Kamis (19/1/2016) di Tiban.

Vihara Maitri Sagara, kata Hasan, juga mengundang Guru Ven Hai Thao dari Taiwan untuk menyampaikan Dhamma Talk atau pembabaran Dharma kepada umat Buddhis.

"Siapa saja boleh datang untuk mendengarkan petuah beliau," ujarnya.

Wakil Ketua Yayasan, Harifin Yeo menambahkan sebelum perayaan Imlek pihaknya juga mengadakan acara pelepasan satwa atau Fang Sen sebagai motivasi atau wujud syukur atau pelimpahan jasa leluhur dan pengharapan sesuatu.

"Umat Buddha memandang Fang Sen ini sebagai kegiatan yang harus terus dilaksanakan, sebab memiliki arti yang sangat mendalam yaitu dapat mengembangkann cinta kasih kepada semua makhluk hidup," jelasnya.

Pelepasan hewan seperti penyu, ikan, kepiting, dan kerang mengandung arti membebaskan penderitaan hewan agar tetap hidup dalam habitatnya atau juga dapat membebaskan kesukaran dalam hidup manusia.

"Pelepasan makhluk hidup ini juga merupakan salah satu tindakan untuk menambah karma baik kita, dan ini sudah menjadi tradisi dalam agama Buddha," tuturnya.

Kegiatan ini juga mengajarkan kepada anak-anak untuk lebih mencintai makhluk hidup sejak kecil dan menanamkan rasa welas asih sejak dini.

"Pelepasan satwa akan digelar pada Jumat (20/1/2017) di Golden Prawan Bengkong. Kami berharap umat Buddha di Batam turut berpartisipasi," pungkasnya.

Editor: Gokli