Ribuan Pencaker Padati Kawasan Industri di Mukakuning
Oleh : Berton Siregar
Rabu | 18-01-2017 | 09:30 WIB
pencAKER-MK01.gif

Pencaker di Kawasan Batamindo.(Foto:Berton Siregar, Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ribuan pencari kerja (pencaker), baik pria maupun wanita, padati kawasan Batamindo Industrial Park, Rabu (17/1/2017) pagi. Mereka, bersaing mendapatkan kesempatan kerja dari perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

 

Para pencaker yang sudah masuk kawasan ini sejak pukul 07.30, berkeliling di kawasan seluas 30 Hektar (ha), melihat dan meneliti setiap pintu dan pos satpam, bila saja ada pengumuman yang dibuat pihak perusahaan bertuliskan "Ada lowongan".

Pantauan BATAMTODAY.COM di gedung pengumuman, yang dulu dibuat menjadi Puja Sera, berdekatan dengan Plaza Batamindo, ribuan pencari pencaker ini nampak silih berganti melihat papan pengumuman, di mana ada dua perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan sebagai operator , yaitu PT Dinacast Indonesia, dan PT Ciba Vision Batam, namun usai melihat, mereka nampak lemas dan pasrah sebab pengumuman tersebut ternyata sudah empat hari terpampang.

"Wah ini yang kemarin, malah sudah intervew. Gimana lagi ini, pencari kerja ada ribuan, yang diterima kadang 20 orang saja, itupun hanya satu satu perusahaan yang buka" ujar Suci pencari kerja asal Bukit Tinggi ini.

Bukan hanya di Kawasan Batamindo, kawasan Industri Panbil, kawasan Industri Bintang di Tanjung Uncang, juga dipadati ribuan pencaker yang rata rata usia muda. Kondisi ini, seharusnya mendapat perhatian dari pemerintah guna menekan angka pengangguran di Kota Batam.

Editor: Gokli